Peneliti LAPAN Sebut Hari Ini, 31 Januari 2021 Puncak Musim Hujan, Tetap Waspada

- 31 Januari 2021, 18:40 WIB
Ilustrasi Hujan.
Ilustrasi Hujan. /Unsplash/Suhyeon Choi/.*/Unsplash/Suhyeon Choi

GALAMEDIA - Puncak musim hujan yang terjadi di wilayah selatan Indonesia diprediksi pada 31 Januari 2021.

Periode puncak hujan tersebut, dikonfirmasi oleh aktivitas pertumbuhan awan dan hujan di selatan Indonesia yang semakin menguat sejak 27-31 Januari, dengan maksimum hujan terjadi pada 29 Januari dan akan persisten hingga 31 Januari.

"Peningkatan hujan di selatan Indonesia ini terjadi secara merata dari Sumatra bagian selatan hingga Pulau Alor dekat Timor Leste," kata Peneliti Sains Atmosfer Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN Dr. Erma Yulihastin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu, 31 Januari 2021.

Baca Juga: Ini Alasan Bantuan Subsidi Upah Tidak Dilanjutkan di Tahun 2021

Menurutnya, hujan harian yang secara konsisten terjadi dimulai sekitar pukul 12.00 WIB. Bahkan sebagian besar wilayah tersebut tak hanya mengalami peningkatan secara intensitas, namun durasinya juga.

Beberapa kawasan, bahkan mengalami durasi hujan yang lama atau terjadi secara persisten dari pukul 12.00 WIB hingga malam hari pukul 21.00 WIB.

Menurut Erma, peningkatan hujan siang hingga malam hari yang merata di selatan Indonesia ini terjadi karena pembentukan konvergensi skala meso yang memanjang di atas daratan, khusus untuk Pulau Jawa pusat konvergensi terjadi di bagian tengah dan timur.

Baca Juga: Inalillahi..Bogor Trade Mall Kebakaran, Pengunjung Berhamburan ke Luar

"Oleh karena itu, hujan deras, bahkan ekstrem berpotensi terjadi sebagian besar wilayah Jawa bagian tengah, dengan pola dan arah pergerakan hujan yang terjadi serentak dari selatan menuju utara," kata Erma seperti dilansirkan Antara.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x