Waspada!!! BMKG Ingatkan Hingga Akhir Pekan, Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi di Jawa Tengah

- 29 Januari 2021, 16:56 WIB
Ilustrasi hujan dan cuaca ekstrim/Pixabay/David Mark
Ilustrasi hujan dan cuaca ekstrim/Pixabay/David Mark /

GALAMEDIA - Hingga akhir pekan, 31 Januari 2021, Jawa Tengah berpotensi dilanda cuaca ekstrim berupa hujan berdurasi panjang dengan intensitas sedang hingga lebat.

Hasil analisa dinamika atmosfer menunjukkan, ada zona intertropical convergence atau daerah pertemuan angin pasat dari belahan bumi utara dan selatan di sekitar wilayah Jawa Tengah.

Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Sutikno dalam siaran pers di Semarang, Jumat, 209 Januari 2021 mengatakan, kondisi tersebut akan bertahan hingga beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Hati-Hati! Keputihan yang Sebabkan Miss V Gatal, Jika Dibiarkan Dampaknya Fatal, Ini Cara Menghilangakannya

"Kondisi tersebut didukung dengan massa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas, sehingga mendukung proses pembentukan awan hujan," katanya.

Merujuk kondisi tersebut, diprakirakan terjadi potensi cuaca ekstrem dan hujan dengan intensitas rendah hingga sedang dengan durasi panjang.

Selain itu, berpotensi pula terjadi hujan lebat dengan disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga: Bocah Lima Tahun Tergilas saat Main , Pengemudi CRV Dikenakan Pasal Berlapis

Sejumlah wilayah yang akan dilanda cuaca ekstrim tersebut, seperti dilansirkan Antara, di antaranya Kabupaten Cilacap, Kebumen, Banyumas, Purbalingga Wonosobo, Temanggung, Magelang, Banjarnegara, Purworejo, Boyolali, Klaten, Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Sragen, serta Semarang.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x