Gila, BMKG Sebut Hari Ini hingga Besok Gelombang Air Laut Bisa Mencapai Ketinggian 6 meter

- 18 Februari 2021, 17:03 WIB
gelombang laut, WASPADA! Wilayah Perairan Ini Berpotensi Terjadinya Gelombang Tinggi
gelombang laut, WASPADA! Wilayah Perairan Ini Berpotensi Terjadinya Gelombang Tinggi /Pixabay



GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi untuk dua hari ini, Kamis 18 - Jumat 19 Februari 2021 yang akan terjadi di sejumlah wilayah perairan Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari barat laut-timur laut dengan kecepatan 5-25 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 5-35 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, perairan Kepulauan Talaud, perairan Amamapere-Agats, Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan seperti perairan barat Aceh-Kep. Mentawai, perairan Bengkulu, Samudra Hindia barat Aceh-Kep. Mentawai, Laut Natuna, perairan timur Kep. Bintan-Kep. Lingga, Selat Karimata, perairan utara Jawa Dan Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, dan Selat Makassar.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekuatan 5,4 Guncang Wilayah Iran, 78 Desa Mengalami Kerusakan Serius

Kemudian perairan barat Sulawesi Selatan, perairan Kep. Selayar-Kep. Sabalana, perairan Baubau-Wakatobi, Laut Flores, perairan P. Sawu-Kupang - P. Rotte, Laut Sawu, Selat Ombai, Selat Sumba bagian barat, perairan Kalimantan utara, Laut Sulawesi, dan perairan Kep. Sitaro.

Selanjutnya perairan Likupang - Bitung, Laut Maluku bagian selatan, perairan utara Kep. Banggai-Kep. Sula, perairan P. Buru-P. Seram, Laut Seram, Laut Banda, perairan Kep. Sermata-Kep. Babar, perairan Amamapere - Agats, perairan utara Sorong dan Jayapura.

Kemudian gelombang yang lebih tinggi kisaran 2,5-4 meter berpeluang terjadi di beberapa perairan Indonesia di antaranya adalah Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, Samudra Hindia barat Bengkulu-Lampung, perairan barat Lampung, serta Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Baca Juga: Terawan Kembangkan Vaksin Covid Trending di Twitter, Gus Nadir: Kemarin Ngapain Aja Mas Bro?

Kemduain perairan selatan Banten-P. Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Banten-Ntt, Laut Natuna Utara, perairan Kep. Anambas-Kep. Natuna, perairan Kep. Sangihe-Kep. Talaud, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Halmahera, Laut Halmahera, perairan Manokwari-Biak, Samudra Pasifik utara Biak-Jayapura, perairan Kep. Tanimbar, perairan Kep. Kei-Kep. Aru, Laut Arafuru.

"Dan yang terakhir, potensi gelombang sangat tinggi dengan kisaran 4 hingga 6 meter diperkirakan terjadi di Samudera Pasifik utara Halmahera-Papua Barat," sebut BMKG dalam pernyataannya Kamis 18 Februari 2021.

BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan yang beraktivitas dengan moda transportasi seperti perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

Baca Juga: Bank Indonesia Pastikan Kredit Mobil dan Sepeda Motor Tanpa Uang Muka atau DP 0% Mulai Berlaku 1 Maret 2021

Selain itu juga untuk kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x