Soal Demokrat, Mahfud MD Sebut Jokowi Hepi-hepi, Pakar Politik: Presiden Justru Sedih Lihat Menteri-menterinya

- 11 Maret 2021, 14:38 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi //setkab.go.id/

GALAMEDIA – Terkait Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menyebut kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang hepi-hepi saja, pakar ilmu politik Prof. Muhammad A. S. Hikam merasa sedih apabila pernyataan tersebut benar-benar terjadi.

“Saya merasa sedih jika hal tersebut benar-benar terjadi,” ujar Muhammad A. S. Hikam yang dikutip Galamedia dari tayangan acara Mata Najwa, 11 Maret 2021.

Menurutnya, pernyataan tersebut membuat masyarakat menilai pemerintah era kepemimpinan Jokowi tidak memiliki sense of crisis atau kepekaan terhadap suatu kondisi.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Jokowi Hepi-hepi, A.S Hikam: Saya Yakin Jokowi Sedih Lihat Kelakuan Menterinya

“Saya yakin tidak benar kalau pak Jokowi hepi-hepi saja. Saya malah yakin bahwa Pak Jokowi kini sedang sedih melihat kinerja menteri-menterinya,” lanjutnya.

Hikam mengungkapkan apabila suatu negara menurun indeks demokrasinya dan representatif negara itu adalah pemerintah. Oleh karena itu, ia benar-benar merasa heran dengan pernyataan yang dilontarkan Mahfud MD.

Selain itu, Hikam menilai bahwa pernyataan tersebut dapat membuat masyarakat melihat something wrong, ada sesuatu yang tidak akuntabel dalam pelaksanaan ketatanegaraan ini.

“Ini merupakan permasalahan yang serius yang dapat menurunkan indeks demokrasi. Bahkan, lebih buruknya lagi dapat berdampak negatif terhadap ekonomi karena orang-orang dari luar yang ingin ke Indonesia akan menjadi khawatir ketika melihat situasi pembiaran-pembiaran seperti ini,” ungkapnya.

Baca Juga: Lawan Demokrat Moeldoko, Hinca Pandjaitan Tegaskan Masih Berjuang Bersama AHY: Legalitas Telah Dibuktikan

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x