PP PBVSI Dukung Aprilia Manganang Jadi Laki-laki

- 11 Maret 2021, 20:25 WIB
PP BBVSI Angkat Bicara Soal Perubahan Status Jenis Kelamin Aprilia Manganang
PP BBVSI Angkat Bicara Soal Perubahan Status Jenis Kelamin Aprilia Manganang /Instagram @aprilia.managanag/

GALAMEDIA - Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) mendukung penuh keputusan yang diambil Aprilia Manganang mengenai perubahan statusnya dari putri ke putra. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI, Hanny S Surkatty.

Ia mengaku baru mengetahui perubahan status kelamin Aprilia setelah mendengar pernyataan yang disampaikan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Kita mendukung penuh keputusan yang diambil April yang difasilitasi oleh KSAD Jenderal Andika Perkasa mengenai perubahan dari putri ke putra, itu kan memang hak pribadi dari Aprilia Manganang sendiri," ujar Hanny, dalam konferensi pers virtual, Kamis, 11 Maret 2021.

Baca Juga: Tak Percaya Juru Bicara Istana, Refly Harun: Jokowi Wajib Ultimatum Moeldoko

Hanny mengatakan penempatan Aprilia pada tim nasional putri, sebelum dia mengundurkan diri dari voli pada 2020, adalah berdasarkan dokumen-dokumen negara, berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga dan Paspor.

Saat mengikuti SEA Games 2015 di Singapura, ketika tim voli putri mendapat protes dari Filipina, Hanny mengatakan pemeriksaan keabsahan dilakukan oleh komite medical SEA Games untuk menentukan apakah Aprilia bertanding atau tidak.

Setelah dilakukan pemeriksaan, lanjut Hanny, didapatkan hasil bahwa Aprilia dapat bermain sebagai putri.

Baca Juga: Kejutan Persib untuk Erwin Ramdani di Stadion GBLA

"Jadi, berdasarkan hal-hal tersebut di atas kami yakin bahwa April itu putri. Dan, seluruh pemain tim-tim dari negara lain menerima hasil tersebut, sehingga April bisa bermain di SEA Games di Singapura," kata Hanny.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x