Menpora Angkat Bicara Soal Status Aprilia Manganang, Yang Pertama Mengumumkan KSAD

- 10 Maret 2021, 22:11 WIB
Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki.
Aprilia Manganang dinyatakan sebagai laki-laki. /Instagram @aprialia.manganang

GALAMEDIA - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali angkat bicara terkait status Aprilia Manganang, mantan atlet timnas bola voli putri yang kini diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Ia menyebutkan, apa yang terjadi dengan Aprilia merupakan tindakan yang tidak bisa disalahkan karena landasan medis.

"Apa yang sudah disampaikan KSAD tentu jadi informasi kita semua. Saya kira juga harus disikapi sebagai kejadian yang tidak disengaja. Tidak ada yang mau mengaku-ngaku seperti ini, setelah dilakukan pemeriksaan detil baru diketahui jenis kelamin Aprilia laki-laki," tutur Menpora seperti dikutip ANTARA, Rabu, 10 Maret 2021.

Baca Juga: Kecelakaan Maut, Bus Rombongan Pelajar SMP IT Terjun ke Jurang di Wado Sumedang

Sehubungan dengan yang sudah terjadi sebelumnya di bidang olahraga, Menpora menilai hal itu sudah sesuai dengan statusnya saat ia masih berjenis kelamin wanita.

Bahkan sebelum bergabung dengan timnas voli, Serda Aprilia sudah menjalani tes spesifik sebelum memasuki kedinasan di TNI AD sehingga hasil pemeriksaan baik di dinas militer dan cabang olahraga sudah sesuai prosedur dan valid.

"Kalau saat itu dia sadar (berkelamin) laki-laki dan tidak mengakui itu adalah tindakan yang tidak fair. Tapi kan ini tidak. Bahkan dia sendiri tidak tahu bahwa dia berjenis kelamin laki-laki. Saya kira itu bukan kesalahan dia, juga bukan kesalahan siapa pun, dan dalam pemeriksaan terakhir yang lebih detil dan teliti ya ini hasilnya," kata Menpora.

Baca Juga: Keponakan Jusuf Kalla Ditetapkan Sebagai Tersangka oleh Bareskrim, Terancam 6 Tahun Bui

Menpora menjelaskan, sehubungan dengan pengumuman itu sejauh ini baik pihak Kemenpora dan PBVSI selaku induk cabang olahraga bola voli tidak mempermasalahkan fakta ini.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x