Senada dengan Rocky Gerung, Salim Said: Presiden 3 Periode, yang Ramai Dukung Para Oligarki

- 15 Maret 2021, 19:10 WIB
Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Prof Salim Said mengaku heran mengapa Moeldoko bersedia terlibat dalam konflik internal Partai Demokrat.
Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Prof Salim Said mengaku heran mengapa Moeldoko bersedia terlibat dalam konflik internal Partai Demokrat. /Tangkapan layar Youtube Talk Show tvOne/

GALAMEDIA – Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Salim Haji Said (77) turut memberi pandangan terhadap wacana masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Dosen ahli politik tersebut menyebutkan bahwa pihak yang paling senang jika presiden menjabat selama tiga periode yakni para oligarki.

“Sebab itu berbahaya. Bahayanya apa? Yang akan mendukung beramai-ramai itu adalah para oligarki yang punya kepentingan masing-masing,” ucap Salim kutip dari Youtube Karni Ilyas Club pada 15 Maret 2021.

Baca Juga: Isu Jokowi 3 Periode Memanas, Mahfud MD Sebut Tiga Kemungkinan yang Membuat Jokowi Jadi Presiden Lagi

Salim Said kemudian membeberkan bahwa upaya mewujudkan masa jabatan presiden tiga periode sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Dia menuturkan bahwa ketika Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden, ada pihak yang ingin mengamandemen UUD 1945 agar SBY bisa menjabat tiga periode.

“Zaman Pak SBY, Ruhut Sitompul sembari menangisi Pak SBY, minta supaya diperpanjang menjadi 3 masa jabatan,” ungkap Salim.

Kemudian, Salim Said menyebut setelah itu, Ruhut Sitompul tidak bersuara kembali mengusulkan perpanjangan masa jabatan.

“Sudah itu sekarang dia nggak ngomong, dia sekarang pindah partai. Ruhut itu dari Partai Golkar, ke Demokrat, sekarang ke PDIP,” ucap Salim Said.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x