Manuver Politik Amien Rais, Pernah Mesra dengan Megawati hingga Konsisten Menjadi Pengkritik Pemerintah

- 19 Maret 2021, 11:00 WIB
Politisi senior, Amien Rais. *
Politisi senior, Amien Rais. * /Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official

GALAMEDIA - Sejak Joko Widodo menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia (RI) pada tahun 2014, dirinya telah merasakan pedasnya kritikan dari Amien Rais.

Seperti diketahui, Amien Rais merupakan salah satu tokoh yang sangat vokal dalam urusan mengkritik pemerintahan. Tercatat sejak orde baru runtuh hanya Presiden BJ Habibie yang tak pernah merasakan kritik pedasnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi tentu bukan satu-satunya yang sudah merasakan pedasnya kritik Amien Rais. Sebelumnya, ada sederet presiden yang juga pernah disorot tokoh Reformasi tersebut.

Baca Juga: Buntut Kasus Pencucian Uang Warganya, Korea Utara Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia

Baca Juga: Iwan Fals Dibuat Bingung dengan Maraknya Kasus Mesum di Tempat Umum: Itu Mabuk atau Mau Pamer?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Galamedia sampaikan terkait Presiden yang pernah menerima kritik pedas dari seorang Amien Rais.

1. Soeharto

Ketika reformasi Mei 1998, Amien Rais saat itu mengumpulkan sejumlah tokoh untuk mendesak agar Presiden ke-2 Soeharto mundur.

Siapa sangka dalam pertemuan sejumlah tokoh tersebut, Amien Rais berkoalisi dengan tokoh yang salah satunya adalah Megawati Soekarnoputri, yang sekarang terlihat kedua tokoh ini malah berseberangan dalam politiknya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x