Siap-siap! Bansos PKH Bakal Cair Akhir Maret 2021, Berikut Golongan Penerima Bansos

- 23 Maret 2021, 18:38 WIB
Ilustrasi Bansos.
Ilustrasi Bansos. /Renny T Hamzah

GALAMEDIA - Guna mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah meluncurkan Program Keluarga Harapan (PKH).

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program bansos bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH, bantuan ini kembali disalurkan 2021.

Realisasi bansos PKH di tahun 2021 ini diperuntukan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga dinyatakan berhak menerima dan masuk kategori KPM.

Baca Juga: Angkat Kasus Dugaan Korupsi Anak Pejabat, Jurnalis di Sulsel Terancam 10 Tahun Penjara

Baca Juga: Hadapi Ancaman Penyakit Akibat Hewan, Puskewan Harus Jadi Ujung Tombak Pencegahan

Khusus untuk program PKH, pemerintah akan menyalurkannya bansos tersebut per triwulan. Artinya, bantuan yang sudah disalurkan pada Januari 2021 ini peruntukan untuk Januari, Februari dan Maret.

Baru-baru ini, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan beberapa daerah belum 100 persen memadankan data penerima bansos dengan data kependudukan, sehingga penyaluran tiga program bantuan sosial Kementerian Sosial menjadi belum sesuai.

Bansos ari Kemensos terdiri dari Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Baca Juga: Terdakwa Pemalsuan Dokumen Tanah Milik Pemkot Bandung Dituntut 2 – 2,5 Tahun Penjara

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x