Warga yang Rumahnya Rusak Diterjang Angin Kencang Harus Segera Mendapat Bantuan

- 12 April 2021, 13:59 WIB
     Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang disertai turun hujan deras di Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (11/4). 
    Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang disertai turun hujan deras di Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (11/4).  /Engkos Kosasih
GALAMEDIA - Anggota DPRD Kabupaten Bandung Yayat Sudayat minta Pemkab Bandung melalui dinas terkait untuk segera turun tangan dan membantu warga yang terdampak angin kencang disertai hujan deras di delapan desa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.
 
Hal itu diungkapkan Yayat Sudayat kepada wartawan usai berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Rancaekek dan  turun ke lapangan meninjau lokasi bencana di Kecamatan Rancaekek, Senin 12 April 2021.
 
"Dinas terkait harus segera turun tangan melihat ke lapangan kerusakan yang terjadi akibat diterjang angin kencang atau angin puting beliung di delapan desa di Kecamatan Rancaekek," kata Yayat. 
 
Ia mengungapkan, pihaknya belum mengetahui pasti berapa kerugian material yang disebabkan bencana angin kencang tersebut. Mengingat sampai hari Senin, pihaknya belum mendapatkan data pasti dampak kerusakan akibat diterjang angin kencang disertai turun hujan deras. 
 
 
"Kami berharap, pihak terkait segera untuk membantu warga yang terdampak bencana angin puting beliung tersebut. Karena kondisinya sangat urgen," katanya.
 
Yayat mengatakan, untuk membantu warga yang terdampak angin kencang itu, bisa dibantu melalui dana corporate social responsibility.
 
"Soalnya, kalau dibantu melalui program rumah tidak layak huni (rutilahu) prosedurnya lama. Kasihan kepada warga yang terdampak, apalagi saat ini menghadapi bulan suci Ramadan," ungkapnya. 
 
Tak hanya kepada dinas terkait, Yayat Sudayat juga berharap kepada para pelaku usaha yang ada di Kecamatan Rancaekek untuk sama-sama ikut andil dan membantu warga yang terdampak angin kencang. 
 
 
"Yang jelas, perusahaan harus peduli terhadap lingkungan. Perusahaan jangan diam dan ini masalah kemanusiaan, setelah banyak rumah warga yang rusak di Kecamatan Rancaekek akibat diterjang angin puting beliung," tuturnya. 
 
Anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat ini juga turut melihat petugas dari BPBD yang turun ke lapangan untuk melakukan pendataan. Termasuk dari PLN yang melakukan perbaikan jaringan listrik yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang. 
 
"Yang jelas warga sangat berharap ada bantuan dari pemerintah maupun pihak lain untuk perbaikan rumah yang rusak. Apalagi pemilik rumah yang atapnya hampir habis," ungkapnya.***
 
 
 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x