PSI Advokasi Puluhan Kasus Ijazah Siswa yang Ditahan Sekolah

- 24 April 2021, 16:55 WIB
DPW PSI Jawa Barat melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat terkait ratusan aduan orang tua siswa, Jumat, 23 April 2021./PSI Jabar
DPW PSI Jawa Barat melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat terkait ratusan aduan orang tua siswa, Jumat, 23 April 2021./PSI Jabar /

GALAMEDIA - DPW PSI Jawa Barat melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat terkait ratusan aduan orang tua siswa, Jumat, 23 April 2021.

Aduan itu berkaitan dengan ditahannya ijazah siswa karena belum melunasi tunggakan biaya pendidikan.

Dari 60 data yang sudah masuk, 19 sudah diverifikasi, 11 melalui telepon dan 8 lainnya langsung datang ke kantor DPW PSI Jawa Barat.

Jumlah tunggakan siswa bervariasi, ada yang Rp 350 ribu hingga Rp 6 juta. Di antaranya ada yang SMP, MTs, MA, SMK, SMA, negeri maupun swasta.

Baca Juga: Amanda Manopo Unggah Foto Tampil Berhijab hingga Sematkan Ayat Alquran, Netizen: Semoga Diberi Hidayah

Mengingat data itu hanya datang dari beberapa wilayah saja di Kota Bandung, maka kuat dugaan ini merupakan fenomena gunung es di Jawa Barat. Di mana hanya sedikit saja yang tampak di permukaan.

"Kasus ini tentu bisa berdampak terhadap siswa dan keluarga. Siswa bisa terhambat untuk melanjutkan pendidikan maupun memgakses lapangan kerja," ujar Ketua DPW PSI Jawa Barat, Furqan AMC, Sabtu, 24 April 2021.

"Bahkan bisa menimbulkan demoralisasi semangat dan percaya diri siswa yang bersangkutan. Ini terungkap salah satunya dari pengakuan seorang ibu single parent yang ijazah dua anaknya ditahan sekolah," ungkap Furqon.

Ia menilai kenyataan tersebut sungguh ironis mengingat Pasal 31 UUD 1945 ayat satu menegaskan "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan."

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x