BMKG Ungkap Potensi Gempa Besar Sesar Lembang Hingga Magnitudo 7, Ini Wilayah Terdampak

- 9 Mei 2024, 10:20 WIB
Episenter Gempa Bumi di Sekitar Sesar Lembang Periode 1 Januari 2009 sampai 30 April 2024./
Episenter Gempa Bumi di Sekitar Sesar Lembang Periode 1 Januari 2009 sampai 30 April 2024./ /BMKG

GALAMEDIANEWS - Jawa Barat khususnya Kota Bandung merupakan wilayah yang memiliki potensi bencana cukup tinggi. Kondisi dipengaruhi oleh kondisi geologi yang rawan akan bencana.

Salah satu potensi bencana yang mengintai yakni adanya Sesar Lembang. Sesar aktif ini sewaktu-waktu berpotensi menimbulkan gempa yang cukup merusak dan menelan korban jiwa.

Baca Juga: Apakah Kamu Sering Merasa Jika Membersihkan Rumah Merupakan Olahraga? Berikut Penjelasannya

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Virga Librian mengatakan literasi kebencanaan masyarakat harus terus ditingkatkan dan dilakukan secara berkelanjutan guna meminimalkan risiko bencana sepeti gempa bumi.

Selain itu, diharapkan seluruh pihak melaksanakan kesiapansiagaan dengan melakukan mitigasi bencana struktural dan non struktural.

"Mitigasi struktural di antaranya membangun bangunan tahan gempa, terutama bangunan vital sekolah, rumah sakit yang mampu menahan guncangan gempa," kata Virga pada Bandung Menjawab di Balai Kota, Rabu 8 Mei 2024.

Selain itu, lanjut Virga, penyediaan, penambahan, dan perbaikan jalur-jalur evakuasi, menjadi salah satu langkah tepat untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Tak hanya itu, upaya mitigasi non struktural, salah satunya melakukan diskusi literasi kebencanaan untuk mengantisipasi potensi risiko dan langkah antisipasinya.

Baca Juga: Bayern Munich Tersingkir dari Liga Champions, Begini Komentar Manuel Neuer

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah