Pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tingkatkan Produksi Pertanian 0,5 Persen di Kabupaten Bandung

- 29 April 2021, 17:34 WIB
Para petani sedang melaksanakan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di kawasan pertanian padi Kecamatan Rancaeke Kabupaten Bandung, baru-baru ini.
Para petani sedang melaksanakan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di kawasan pertanian padi Kecamatan Rancaeke Kabupaten Bandung, baru-baru ini. /Engkos Kosasih

GALAMEDIA - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung berharap pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi pada lahan pertanian sawah di Kabupaten Bandung merata untuk meningkatkan produksi pertanian.

Secara bertahap dan masuk usulan termin pertama dari para kelompok tani pada tahun 2021 ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI menggulirkan anggaran untuk pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di 31 unit di Kabupaten Bandung. 

"Setiap unit pembangunan rehabilitasi jaringan dengan anggaran Rp 75 juta dan cakupan luas lahan 50 hektare," kata Kabid Sarana Prasarana Distan Kabupaten Bandung Ir. Yayan Agustian di ruang kerjanya di Kantor Distan Kabupaten Bandung Soreang, Kamis 29 April 2021. 

Baca Juga: Tak Disangka! Ahli Spiritual Ini Akui Mendengar Jeritan Minta Tolong dari Awak Kapal KRI Nanggala 402

Menurut Yayan, pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi tersebut merupakan program Presiden Joko Widodo, dalam upaya penanggulangan ekonomi nasional disaat pandemi Covid-19 dan sumber anggaran dari pusat. 

Sedangkan pengerjaan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi itu dengan cara swakelola dan dikerjakan langsung oleh para petani. Anggarannya pun disalurkan langsung pemerintah  melalui rekening kelompok petani. 

"Alhamdulillah, dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, dengan adanya program pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi ini para petani cukup terbantu," ungkap Yayan. 

Baca Juga: Lakukan Penyekatan, Polres Garut Putar Balik Kendaraan Tanpa Surat Jalan

Pengerjaan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi di 31 unit itu, katanya sebagian sedang berjalan pembangunannya dan diharapkan beberapa unit selesai pembangunnya sampai menjelang atau setelah Lebaran. 

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x