Idul Fitri Berbarengan dengan Perayaan Kenaikan Isa Almasih, FKUB Jabar Ajak Masyarakat Rekatkan Silaturahmi

- 11 Mei 2021, 16:38 WIB
Ketua FKUB Jabar, Rafani Achyar (tengah) bersama Romo Agustinus Sugiharto (kanan) dan Pendeta Paulus Wijono S saat memberikan pernyataan sikap terkait perayaan Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Selasa, 11 Mei 2021./Lucky M Lukman/Galamedia
Ketua FKUB Jabar, Rafani Achyar (tengah) bersama Romo Agustinus Sugiharto (kanan) dan Pendeta Paulus Wijono S saat memberikan pernyataan sikap terkait perayaan Idul Fitri dan Kenaikan Isa Almasih, Selasa, 11 Mei 2021./Lucky M Lukman/Galamedia /

GALAMEDIA - Umat Islam segera merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Bersamaan dengan momen umat Islam berlebaran, umat Kristiani pun merayakan salah satu hari besar agama mereka, yakni Kenaikan Isa Almasih.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat pun ikut merespons momen tersebut dan memberikan imbauan kepada masyarakat.

Baca Juga: Simak Resep Opor Ayam Khas Padang dan Betawi, Cocok Disajikan Saat Lebaran 

Tujuannya agar perayaan hari besar dua agama berbeda itu bisa berjalan dengan lancar.

"Sungguh merupakan momentum yang penuh makna, bila perayaan keagamaan dari dua agama besar di dunia (Islam dan kristen/katolik) dapat berlangsung dalam satu hari yang sama, dalam suasana keprihatinan yang sama karena berlangsung di tengah ancaman pandemi," tutur Ketua FKUB Jabar, Rafani Achyar, di kawasan Jln. L.L.R.E Martadinata, Kota Bandung, Selasa, 11 Mei 2021.

Perayaan di tengah pandemi, ujar Rafani, membuat pihaknya memberikan imbauan agar masyarakat bisa merayakan momen hari besar itu dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: Lebaran Segera Tiba, Berikut Sejumlah Film yang Bakal Temani Liburan Kamu di Hari Kemenangan

"Kami mengingatkan bahwa tugas kita umat beragama adalah menangkap pesan agung dari dua perayaan keagamaan tersebut untuk bersama-sama membangun kerukunan di antara kita," kata Rafani didampingi perwakila PGI Jabar Pendeta Paulus Wijono S dan dari Keuskupan Bandung Romo Agustinus Sugiharto.

Namun dalam dalam konteks pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, FKUB Jawa Barat pun menyampaikan pernyataan sikapnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x