Rocky Gerung Ragukan Pemerintahan Jokowi Bertahan hingga 2024, Refly Harun: Bicara Objektif, Jokowi Berhasil

- 22 Mei 2021, 20:36 WIB
Pakar Tata Hukum Negara Refly Harun (kiri) dan Presiden Joko Widodo.
Pakar Tata Hukum Negara Refly Harun (kiri) dan Presiden Joko Widodo. /Kolase dari Tangkapan Layar Youtube Refly Harun/Instagram/@jokowi

GALAMEDIA – Pengamat politik dan ahli filsafat, Rocky Gerung merasa ragu jika pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa bertahan sampai Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Beberapa indikator keraguannya antara lain, utang negara yang hampir menyentuh 10 ribu triliun, pembelahan sosial, korupsi makin parah, hingga tax ratio yang semakin buruk.

Lebih lanjut, Rocky juga khawatir dengan presiden Indonesia nantinya. Hal ini disebabkan beban sangat berat harus ia tanggung dampak dari kepemimpinan Jokowi selama dua periode.

Baca Juga: Anies Baswedan Disebut Dapat Rumah Mewah, Begini Reaksi Heboh Ferdinand Hutahaean

Ahli Hukum Tata Negara, Refly Harun pun turut menanggapi hal ini. Refly mengatakan, ini baru prediksi dan belum tentu benar.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah indikator yang disampaikan oleh Rocky.

"Ini adalah pendapat, prediksi yang belum tentu benar. Tetapi yang jadi masalah adalah indikator yang disampaikan Rocky Gerung itu adalah sebuah indikator yang menjadi PR pemerintah saat ini," ucap Refly.

Menurut Refly indikator itu membuat beban pagi pemerintahan Jokowi.

"Jadi itu indikator yang bukan membanggakan tentunya tapi mengkhawatirkan. Ada juga tax ratio yang terus menurun dan permasalahan lain yang memang membuat beban bagi pemerintahan Presiden Jokowi," kata dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x