Ini Kriteria Pejabat Publik Menurut Akademisi Unpad

- 30 Mei 2021, 18:51 WIB
Ilustrasi pejabat publik.
Ilustrasi pejabat publik. /Pixabay.com/Abdulla Bin Massam

 

GALAMEDIA - Proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, diharapkan memutuskan sosok yang tepat sesuai kriteria yang dibutuhkan Pemerintah Daerah maupun masyarakat.

Akademisi yang juga pakar kebijakan publik dari Universitas Padjajaran, Prof. Dr. H. Asep Sumaryana menyampaikan empat kriteria yang harus dimiliki seorang pejabat publik khususnya Sekda.

Pertama, kepemimpinan yang sanggup mengkoordinasikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menuju sasaran yang dituangkan dalam visi dan misi bupati.

"Kedua, pengalaman menjabat dalam sejumlah jabatan OPD eselon 2 menjadi perlu agar mampu mengelola persoalan-persoalan yang muncul serta mengambil keputusan tepat dalam memilih langkah yang harus ditempuh oleh setiap OPD yang dikoordinasikan," ujar Asep saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu 30 Mei 2021.

Baca Juga: Perhimpunan Pendaki Gunung Extemasz Bandung Genap Berusia 54 Tahun, Sempat Terkenal ke Seantero Negeri

Asep menyebut kriteria ketiga, yakni kapasitas intelektual agar mampu memberikan pertimbangan yang tepat kepada Bupati dan wakil bupati dalam mewujudkan visi dan misinya.

"Terakhir keempat, integritas publik agar kepentingan warga Kabupaten Bandung menjadi utama dalam praktik pemerintahan," katanya.

Menurut Asep, dalam integritas publik itu memuat loyalitas terhadap pimpinan dan jabatan yang diemban sebagai pejabat publik. Di dalamnya juga termasuk track record dalam menapaki karirnya.

Baca Juga: Pembangunan Menara Kujang Diusik Anggota DPRD Jabar, Giliran Ketua DKS Bereaksi

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x