Tsunami 29 Meter Mengancam Wilayah Selatan! Mensos Risma Sebar 'Pasukan', Mendagri Tito: Dampaknya Luar Biasa

- 5 Juni 2021, 15:06 WIB
Ilustrasi tsunami
Ilustrasi tsunami /


GALAMEDIA - Gempa berkekuatan di atas magnitudo 7 disertai tsunami dengan tinggi hingga mencapai 29 meter berpotensi terjadi di wilayah selatan Jawa Timur.

Skenario terburuk tersebut merupakan hasil kajian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sehubungan hal itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengerahkan 'pasukannya' ke sejumlah wilayah selatan Jawa Timur, yang disebut berpotensi diterpa gempa bumi berkekuatan besar dan tsunami, untuk persiapan mitigasi bencana.

"Ini staf tak tugaskan mulai minggu ini, mereka akan menyisir," kata mantan Wali Kota Surabaya ini, Jumat, 4 Juni 2021.

Disebutkan, 'pasukannya' itu bakal mela melatih warga di sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak bencana untuk melakukan mitigasi.

Dengan begitu, ia berharap masyarakat bisa mengetahui langkah-langkah penyelamatan mandiri dan evakuasi.

Baca Juga: Pos Indonesia Tetap Beroperasi Sabtu dan Minggu, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik: Kami Buka 7 Hari Seminggu

"Aku menugaskan stafku untuk mengadakan pelatihan untuk warga dan anak-anak di wilayah itu. Jadi tak suruh nyisir, pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Malang Selatan, Lumajang, Blitar Pasuruan, Probolinggo sampai Banyuwangi," ungkap Risma.

Di sisi lain, Risma pun intens melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah dinas sosial sejumlah provinsi. Tak hanya Jatim, tapi juga Bali, NTT hingga NTB.

"Ini ada suatu yang nanti akan berputar, meskipun, aku sebetulnya sudah dua kali melakukan vidcon (panggilan video) dengan kepala dinas sosial. Jadi di Jabar, Lampung, Bali, NTT dan NTB, Jatim dan Jateng," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x