Presiden 'Sentil' Balik BEM UI, Budayawan Sudjiwo Tedjo: Salut Pak Jokowi!

- 29 Juni 2021, 19:38 WIB
Budayawan Sudjiwo Tedjo.
Budayawan Sudjiwo Tedjo. //instagram.com/@presiden_jancukers/

GALAMEDIA - Pada Selasa 29 Juni 2021, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya terhadap kritik yang diberikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) padanya.

Terkait hal tersebut, Seniman sekaligus Budayawan Sudjiwo Tedjo pun memberikan apresiasinya terhadap sikap Jokowi yang legowo.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kritik merupakan bentuk ekspresi mahasiswa yang diperbolehkan di negara demokrasi, salah satunya Indonesia.

“Saya kira ini bentuk ekspresi mahasiswa dan ini negara demokrasi, jadi kritik itu boleh-boleh saja dan universitas tidak perlu menghalangi mahasiswa untuk berekspresi," tuturnya dikutip Galamedia dari lama Sekretarian Kabinet.

Walaupun demikian Jokowi tetap mengingatkan bahwa Indonesia memiliki budaya tata krama dan kesopansantunan.

Baca Juga: Kritikan BEM UI Dinilai Melanggar Aturan, Refly Harun: Itu Bukan Hinaan, Langgar Aturan dari Mana?

"Tapi juga ingat, kita ini memiliki budaya tata krama, memiliki budaya kesopansantunan,” sambungnya.

Namun, Presiden Jokowi menanggapi hal tersebut dengan santai dan ternyata kritik yang serupa sebelumnya pernah juga diterima Presiden dari sejumlah kalangan.

“Itu kan sudah sejak lama ya. Dulu ada yang bilang saya ini klemar-klemer, ada yang bilang juga saya itu plonga-plongo, kemudian ganti lagi ada yang bilang saya ini otoriter," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x