Luas Kota Cimahi Tak Sebanding dengan Jumlah Penduduk yang Sudah Lebih dari Setengah Juta Jiwa

- 5 Juli 2021, 18:43 WIB
Ilustrasi kenaikan jumlah penduduk di Kota Cimahi.
Ilustrasi kenaikan jumlah penduduk di Kota Cimahi. /foto: pixabay / grow chart/ mohamed_hassan / 5109 images/

GALAMEDIA - Jumlah penduduk di Kota Cimahi mengalami penambahan. Saat ini, jumlah penduduk di Kota Cimahi mencapai 557.991 jiwa.

Rinciannya, penduduk laki-laki ada 280.750 jiwa, dan perempuan sebanyak 277.157 jiwa. Jumlah penduduk tersebut tersebar di 15 kelurahan se-Kota Cimahi berdasarkan hasil konsolidasi hingga semester II tahun 2020.

Jumlah tersebut bertambah dari semester I tahun 2020 yang mencapai 555.966 jiwa.

"Iya jumlahnya bertambah, dan tersebar di tiga kecamatan. Di Kecamatan Cimahi Selaran sebanyak 233.850 jiwa, Kecamatan Cimahi Tengah ada 160.906 jiwa, dan Kecamatan Cimahi Utara sebanyak 163.155 jiwa," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Data pada Dinas Kependudkan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, Yudi Mauludin, Senin, 5 Juli 2021.

Baca Juga: Negara Rugi Berkali Lipat Akibat Perkebunan Sawit Ilegal, Dedi Mulyadi Minta Pemerintah Tegas

Yudi mengungkapkan, ada sejumlah faktor yang membuat jumlah penduduk di Kota Cimahi bertambah. Di antaranya adalah faktor angka kelahiran hidup.

"Barangkali nanti harus ke analisis ya, tapi hipotesa selain dari angka kelahiran, mungkin urbanisasi, perpindahan karena tugas, bisa juga daya tarik pendidikan atau investasi, dan lain-lain," terangnya.

Menurutnya, Kota Cimahi masih menjadi salah satu daerah tujuan warga dari luar Kota Cimahi. Khususnya yang ingin mengadu nasibnya.

"Bisa jadi karena banyak industri, jadi daya tarik orang untuk datang ke Cimahi, dan pegawai di industri banyak pendatang," kata Yudi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x