Jabar Diminta Kejar Target 200 Ribu Vaksinasi Covid-19 Per Hari

- 8 Juli 2021, 16:42 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau posko PPKM Darurat Tingkat Kecamatan di Kecamatan Bandung Wetan, Tamansari, Kota Bandung, Kamis, 8 Juli 2021./Darma Legi/Galamedia
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau posko PPKM Darurat Tingkat Kecamatan di Kecamatan Bandung Wetan, Tamansari, Kota Bandung, Kamis, 8 Juli 2021./Darma Legi/Galamedia /


GALAMEDIA - Pemerintah pusat meminta penyuntikan vaksin Covid-19 di Jawa Barat bisa menyentuh angka 200 ribu dosis per hari.

Pasalnya, Jawa Barat menjadi wilayah terbesar yang harus mengejar angka realisasi target vaksinasi Covid-19 sebanyak 33 juta jiwa.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Arcamanik dan PPKM Mikro di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kamis 8 Juli 2021.

Ia hadir bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen Ganif Warsito.

Baca Juga: Kenapa Covid-19 Tidak Diturunkan di Zaman SBY? Begini Kata Teddy Gusnaidi

Masih dikatakannya, salah satu metode yang bisa dilakukan adalah memperbanyak vaksinasi massal di tempat besar dan terbuka atau memanfaatkan gedung olahraga.

"Kami mengharapkan Jabar kalau bisa sehari bisa 200 ribu untuk penyuntikan vaksin Covid-19. Karena ini provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, targetnya ada 33 juta, dibandingkan dengan Jateng atau Jatim, memang harus mengejar, jadi insyallah dengan adanya tempat seperti ini target 200 ribu bisa kita kejar," papar Budi.

Ditempat yang sama Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut saat ini vaksinasi harus menjadi salah satu prioritas yang dipercepat, meski di tengah kebijakan PPKM darurat. Anggota TNI dan Polri akan dikerahkan untuk bisa menjadi tenaga vaksinator.

Baca Juga: Jumlah Guru di Kota Cimahi Terpapar Covid-19 Terus Bertambah, 3 Orang Meninggal Dunia

"Dengan target 200 ribu vaksinasi per hari, maka kita bisa kalkulasi kebutuhan nakes lebih dari 10 ribu, itu dengan kita bekerja moderat, 50 nakes itu bisa 2.000 vaksinasi," terangnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x