Didukung 3 Periode Jokowi Malah Didesak Mundur, Qodari: Memang Demikian Realitas Politik Indonesia

- 11 Juli 2021, 18:15 WIB
Muhammad Qodari penggagas Komunitas JokPro 2024.
Muhammad Qodari penggagas Komunitas JokPro 2024. /Foto : Tangkap layar Twitter @f_fathur/

 

GALAMEDIA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus didesak mundur dari jabatannya karena dinilai tidak mampu mengatasi penyebaran Covid-19 yang kian mengganas.

Desakan tersebut kini masih diramaikan sejumla tokoh dan netizen di sejumlah media sosial.

Hal itu pun mengundang respons pengamat Politik Muhammad Qodari. Terlebih, ia merupakan salah seorang pengusung Jokowi menjabat selama tiga periode.

Menurutnya, hal tersebut hanya opini yang dibangun lawan politik dan juga oposisi kemudian digaungkan di dunia maya. Soalnya, kata dia, pemerintahan Jokowi saat ini masih solid.

"Politik Indonesia kini ada di dua level," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer ini dalam keterangannya, Minggu, 11 Juli 2021.

Pertama, lanjut dia, level elite. Kedua, level masyarakat. Di level elite, sampai saat ini susunan partai pendukung pemerintah belum berubah.

Baca Juga: Mahfud MD dan 2 Menteri Ini Bakal Jadi ‘Juru Selamat’ Kabinet Jokowi, Cendikiawan: Lha, Malah Menag dan Mensos

Disebutkan, ada PDI Perjuangan, Golkar, PKB, NasDem, Perindo, Hanura, PPP, PSI, PKPI, dan PBB. Bahkan Partai Gerindra, lawan Jokowi di Pilpres 2019 pun, sekarang solid mendukung pemerintah.

Kemudian, lanjutnya, Kelompok oposisi ada Partai Demokrat dan PKS.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X