Epidemiolog UI Ungkap Kemungkinan Herd Immunity Tidak Akan Terjadi di DKI Jakarta

- 13 Juli 2021, 13:58 WIB
Epidemiolog FKM Universitas Indonesia, dr. Pandu Riono.
Epidemiolog FKM Universitas Indonesia, dr. Pandu Riono. /ANTARA/Cahya Sari.

GALAMEDIA - Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono kembali membuat pernyataan terkait kondisi Covid-19 di DKI Jakarta. Ia menyebut kendati DKI Jakarta separuhnya sudah terinfeksi Covid-19, bukan berarti kekebalan komunal atau herd immunity itu akan terjadi.

"Separuh penduduk Jakarta sudah terinfeksi, bukan berarti herd immunity bisa tercapai dalam waktu dekat," kata Pandu Riono dikutup dari Twitter pribadinya @drpriono1 Selasa, 13 Juli 2021.

Hal itu kata dia lantaran DKI Jakarta yang merupakan kota terbuka, sehingga bisa jadi kekebalan komunal itu sulit atau bahkan tidak mungkin tercapai. "Kekebalan komunal mungkin tidak pernah ada atau sulit dicapai di Jakarta sebagai kota yang terbuka." tegas dia.

Baca Juga: Intip Momen Perayaan Ultah Jizzy, Putri Vino dan Marsha Timothy, Army Banget!

Sebelumnya, sebuah survei serologi yang dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta menguak fakta mengejutkan. Survei tersebut mengungkapkan bahwa sebanyak hampir separuh atau tepatnya 54 persen warga Jakarta terpapar Covid-19.

Jika dijabarkan, sebanyak 4.717 ribu dari 10,6 juta warga yang kini dipimpin Gubernur Anies Baswedan itu pernah terpapar virus Corona.

Data ini berdasarkan hasil survei serologi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Lembaga Eijkman, dan Centers for Disease Control (CDC) Indonesia.

Baca Juga: Selain Covid-19, Berikut 6 Virus yang Pernah Menyerang Dunia, Salah Satunya Membunuh 200 Juta Orang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menjelaskan survei serologi merupakan teknik berbasis imunologi yang bertujuan untuk mengukur respons imun tubuh terhadap suatu antigen dari sediaan darah seseorang.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x