Pemda Provinsi Jabar Komitmen Penuhi Kebutuhan Oksigen Pasien Covid-19 yang Isoman

- 15 Juli 2021, 08:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menerima bantuan dan melepas tabung oksigen ke kabupaten/kota di Kantor PT Migas Hulu Jabar, Kota Bandung, Rabu (14/7/2021). (Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menerima bantuan dan melepas tabung oksigen ke kabupaten/kota di Kantor PT Migas Hulu Jabar, Kota Bandung, Rabu (14/7/2021). (Foto: Rizal/Biro Adpim Jabar) /

GALAMEDIA - Pemda Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan oksigen pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Ada dua tahap yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tabung oksigen di Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, tahap pertama adalah dengan menyelesaikan suplai oksigen ke rumah sakit dan puskesmas. Pasokan oksigen ini nantinya akan diatur oleh posko tabung oksigen yang ada di kabupaten/kota setelah mendapatkan suplai dari Pemda Provinsi Jawa Barat.

"Kami bagi dua tahap, tahap pertama bereskan dulu suplai kepada rumah sakit," ujarnya dalam rangkaian acara penerimaan bantuan sekaligus pelepasan tabung oksigen ke kabupaten/kota di Kantor PT Migas Hulu Jabar, Kota Bandung, Rabu 14 Juli 2021.

Baca Juga: Gedung Kimia Farma Jalan Pajajaran dan Asrama Telkom University Bandung Bakal Jadi RS Darurat Covid-19

Sedangkan tahap dua, adalah dengan meminjampakaikan tabung oksigen kepada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Sebanyak 1.500 tabung oksigen dari Singapura sudah disiapkan.

"Sehingga 1.500 itu mengawali program tahap dua yaitu Pemda Prov Jabar melalui kota/kabupaten bisa meminjamkan tabung ini kepada warga-warga yang isoman di rumah," kata Ridwan Kamil dalam siaran persenya yang diterima Galamedia, Kamis 15 Juli 2021.

Selain itu, kata Ridwan Kamil, Pemda Provinsi Jawa Barat juga sudah meminta kepada Pemkab/Pemkot untuk mendirikan posko tabung oksigen. Tujuannya adalah untuk mengatur pinjam pakai dan pendistribusian tabung oksigen.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Kamis, 15 Juli 2021: BMKG: Meski Cerah Berawan Ada Potensi Hujan Ringan

"Hari ini mengawali semangat manajemen oksigen di Jawa Barat yang jauh lebih baik. Ada posko komando Jawa Barat, ada posko kota/kabupaten yang tadi diserahkan dan kami juga akan membuat manajemen pinjaman tabung oksigen untuk warga, menunggu yang Singapura datang," kata Ridwan Kamil.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini juga meminta kepada masyarakat untuk saling meminjamkan tabung oksigen kepada yang lainya. Misalnya bagi masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 dan memiliki tabung oksigen bisa meminjamkan kepada pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri (isoman) yang membutuhkan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x