Sukses Kibarkan Bendera Merah Putih, Berikut Deretan Atlet Peraih Medali Emas di Ajang Olimpiade

- 1 Agustus 2021, 14:15 WIB
Liliyana Natsir bisa jadi termasuk orang yang paling paham berat hati Tontowi Ahmad memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis profesional. Simak ceritanya
Liliyana Natsir bisa jadi termasuk orang yang paling paham berat hati Tontowi Ahmad memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis profesional. Simak ceritanya /Antaranews



GALAMEDIA - Masyarakat Indonesia kini tengah mendukung penuh para atlet badminton yang sedang berjuang di Olimpiade Tokyo 2020.

Kini Indonesia tengah menanti medali emas dari pasangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu bahkan berhasil menembus babak final Olimpiade Tokyo 2020.

Sejarah mencatat bahwa sejak olimpiade digelar di awal-awal diketahui Indonesia senantiasa menyumbangkan medali emas paling banyak untuk Tanah Air.

Indonesia bergabung dengan olimpiade pertama kali di tahun 1956 Namun Indonesia mulai mengirimkan atlet Badminton pada Olimpiade Munich di tahun 1972 dan 1988 meskipun sebagai pertandingan persahabatan.

Baca Juga: Prestasi yang Diraihnya Selangit, Simak Profil Lengkap Pasangan Greysia Polii, Apriyani Rahayu

Kemudian bulutangkis secara resmi dipertandingkan pertama kali pada Olimpiade Barcelona 1992.

Terhitung sejak Olimpiade Barcelona 1992, Indonesia telah memiliki 32 medali namun 19 di antaranya berasal dari bulu tangkis.

Berikut ini merupakan daftar pemain bulu tangkis Indonesia yang menorehkan prestasi dengan membawa medali untuk Tanah Air mellaui Olimpiade:

1. Pertandingan Persahabatan Munich 1972 dan Seoul 1988

Dua emas, satu perak dan satu perunggu, ada total empat medali yang didapatkan dari cabor bulu tangkis pada Olimpiade Munich 1972. Rudy Hartono menjadi atlet bulu tangkis tunggal putra pertama yang meraih emas dalam olimpiade.

Satu emas lainnya didapatkan dari ganda putra Ade Chandra dan Christian Hadinata. Satu perak diperoleh oleh Utami Dwi dalam tunggal putri. Sedangkan satu perunggu diraih oleh ganda campuran Christian Hadinata dan Utami Dewi.

Baca Juga: Surveyor Indonesia Bagian Holding Jasa Survei, dari Pengembangan Bisnis hingga Kesehatan di Tengah Pandemi

Pada Olimpiade Seoul 1988, Icuk Sugiarto merupakan satu-satunya atlet bulu tangkis yang dikirim oleh Indonesia. Namun ia meraih medali perak dalam tunggal putra.

2. Barcelona 1992

Pemain lagendaris Susi Susanti untuk tunggal putri dan Alan Budikuma dalam tunggal putra, keduanya berhasil membawa pulang medali emas dalam saat cabor bulutangkis secara resmi dipertandingkan dalam olimpiade.

Ardy Wiranata yang juga bermain dalam tunggal putra berhasil meraih medali perak. Bersamaan dengan hal itu, Eddy Hartono dan Rudy Gunawan juga menambah pundi medali perak untuk Kontingen Merah Putih.

Bulutangkis tunggal putra didominasi oleh pemain wakil Indonesia karena medali perunggu didapatkan oleh Hermawan Susanto. Indonesia kala itu menjadi negara nomor satu dalam bulutangkis karena membawa pulang medali paling banyak.

Baca Juga: Anthony Ginting Dipastikan Gagal Sumbang Emas bagi Indonesia

3. Atlanta 1996

Indonesia menduduki peringkat 50 besar dengan total empat medali yang didapatkan seluruhnya hanya dari bulutangkis kategori ganda putra dan tunggal putri saja.

Satu emas diperoleh pasangan ganda putra Rexy Mainaky dan Denny Kantono. Kemudian edali perunggu didapatkan oleh tim ganda putra Antonius Ariantho dan Denny Kantono.

Susi Susanti memecahkan rekor sebagai atlet Indonesia dengan medali terbanyak setelah mendapatkan medali perunggu untuk tunggal putri. Sedangkan Mia Audina dalam kategori tunggal putri turut menyumbangkan medali perak.

4. Sydney 2000

Dalam Olimpiade Sydney 2000, cabor bulutangkis menyumbangkan tiga medali. Satu medali emas diperoleh dari pasangan ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya.

Selain itu satu medali perak diraih oleh ganda campuran Tri Kusharjanto dan Minarti Timur. Tunggal putra memberikan satu medali perak dari Hendrawan.

Baca Juga: Drayang The Movie 'Lentera Ksatria' dalam Perspektif Hitam-Putih Lakon Wayang

5. Athena 2004

Taufik Hidayat mengharumkan nama Indonesia setelah delapan tahun absen medali emas dari kategori tunggal putra. Di samping itu, Sony Dwi Kuncoro juga menyumbangkan medali perunggu untuk tanah air dalam kategori tunggal putra.

Satu medali perunggu juga diberikan oleh ganda putra Eng Hian dan Flandy Limpele. Ada total tiga medali yang diberikan dari bulutangkis pada Olimpiade Athena 2004.

6. Beijing 2008

Selama delapan tahun, ganda putra berhasil kembali meraih emas dari pasangan Hendra Setiawan dan Markis Kido. Ganda campuran Nova Widianto dan Liliyana Natsir juga memperoleh satu medali perak.

Baca Juga: BIN Door to Door Lakukan Vaksinasi Covid-19 di Bekasi, 2.500 Dosis Disiapkan

Sedangkan tunggal putri yang diwakili Maria Kristin Yulianti mendapatkan perunggu. Ada tiga medali yang disumbangkan badminton pada Olimpiade Beijing 2008.

7. London 2012

Sebelum Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016, masa kelam bulutangkis Indonesia terjadi di Olimpiade London 2012.

Tim pebulutangkis tanah air harus puasa emas dalam perhelatan olahraga akbar empat tahunan tersebut. Tidak hanya medali emas, bulutangkis tidak menyumbang satu medali pun.

Meski begitu Indonesia masih diselamatkan medali dari cabor angkat besi, unggulan kedua setelah bulutangkis.

Baca Juga: Pandu Riono Sebut Indonesia Menuju Jebakan Pandemi, Faldo Maldini Buka Suara: Pemerintah Sudah Optimal

8. Rio de Janeiro 2016

Setelah penantian panjang dari Olimpiade London 2012, bulutangkis Indonesia akhirnya kembali raih medali emas melalui pasangan ganda campuran Tantowi Ahmad/ Liliyana Natsir.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x