IDI Cabang Bandung: Vaksinasi JQR Berjalan Lancar dan Sesuai Target

- 15 Agustus 2021, 19:37 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 hasil kolaborasi Jabar Quick Response (JQR) dengan berbagai pihak di GOR Saparua, Kota Bandung, Jumat (13/8/2021).
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 hasil kolaborasi Jabar Quick Response (JQR) dengan berbagai pihak di GOR Saparua, Kota Bandung, Jumat (13/8/2021). /Rio Ryzki Batee/Galamedia/


GALAMEDIA - Proses vaksinasi masyarakat terus gencar diupayakan oleh pemerintah, dalam membentuk kekebalan komunal atau herd immunity. Dengan demikian, bisa memutus penyebaran Covid-19, serta menurunkan kasus virus tersebut di Indonesia.

Lebih jauh, vaksinasi massal yang dilakukan oleh Jabar Quick Response (JQR) menargetkan 3000 dosis, dengan sasaran anak berumur 12 tahun hingga dewasa. Proses vaksinasi sendiri dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus di GOR Saparua.

Wakil Ketua I Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Bandung, dr Dony S Rosady mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi JQR berjalan lancar dan sesuai target. Hal tersebut, tidak terlepas dari manajemen kegiatan yang sangat baik dan panitia yang menguasai tugas dari tahapan proses vaksinasi.

"Relawan nya cukup banyak, alurnya cukup siap berikut fasilitas yang ada sudah cukup menunjang," ungkapnya di GOR Saparua, Kota Bandung, Minggu, 15 Agustus 2021.

Baca Juga: 70 OKP Sepakat Mendukung Ridwansyah Yusuf Achmad Pimpin KNPI Jabar

Diakuinya banyak pihak yang khawatir tentang kerumunan, sehingga hal tersebut diantisipasi agar potensi penularan virus tidak terjadi.

"Jangan sampai niat baik kita untuk vaksin justru menimbulkan kerumunan dan peningkatan angka kejadian," ujarnya.

Menurutnya langkah JQR berkolaborasi dengan banyak pihak juga diapresiasi, pasalnya untuk mempercepat penanganan Covid-19 harus dilakukan secara bekerjasama dari akademisi, pemerintah, warga, pengusaha dan media.

"Hal ini harus perlu terus dilakukan karena pemerintah tidak mungkin mengupayakan sendirian,sebagai bagian dari sipil society harus mengambil peran mempercepat vaksinasi ini," terangnya.

Ketua umum JQR, Bambang Trenggono mengatakan bahwa vaksinasi massal merupakan bagian keterlibatan pihaknya dalam mempercepat cakupan vaksinasi. Rencananya akan mengadakan hal serupa di 27 Kabupaten/Kota Jawa Barat untuk mempercepat herd immunity di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x