Tak Tahan di Negeri Sendiri, Pengungsi Afghanistan Tiba di Jepang

- 13 September 2021, 15:16 WIB
Ilustrasi pengungsi Afghanistan.
Ilustrasi pengungsi Afghanistan. /REUTERS/Stringer

GALAMEDIA -  Sejumlah warga Afghanistan memutuskan untuk meninggalkan negara mereka, yang sekarang berada di bawah kendali Taliban, tiba di Jepang pada Minggu malam.

Mereka adalah orang Afghanistan pertama yang terkait dengan Jepang yang telah mencapai negara Asia Timur itu setelah mengungsi dari Afghanistan.

Masyarakat Afghanistan—anggota staf lokal Badan Kerja Sama Internasional Jepang serta anggota keluarga—termasuk di antara orang-orang yang dicakup oleh misi evakuasi pemerintah Jepang terpaut dengan krisis di Afghanistan.

Baca Juga: Natasha Wilona dan 6 Fakta Tentang Dirinya, No 3 dan 4 Bikin Kaget

Mereka terbang ke Lapangan terbang Internasional Narita di Prefektur Chiba, timur Tokyo, lewat ibu kota Qatar, Doha, sehabis melarikan diri dari Afghanistan ke Islamabad, ibu kota negeri orang sebelah Pakistan, lewat darat.

Di bandara, mereka dikawal oleh pejabat dari Departemen Luar Negeri Jepang.

Pada akhir Agustus, pemerintah Jepang mengirim pesawat Pasukan Bela Diri buat mengevakuasi masyarakat Afghanistan yang terpaut dengan Jepang, tercantum pekerja di Kedutaan Besar Jepang di Kabul, dan masyarakat negeri Jepang.

Baca Juga: 7 Artis Wanita Indonesia Paling Laris, Lesti Kejora Kalah dengan Sosok Satu Ini

Tetapi Jepang cuma sanggup menyelamatkan satu masyarakat negeri Jepang serta 14 masyarakat Afghanistan, akibat serbuan bom bunuh diri besar- besaran di dekat lapangan terbang Kabul.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x