Pengamat Politik Sebut Prabowo-Anies Duet Maut di Pilpres 2024: Bagus, Mantap!

- 21 September 2021, 16:00 WIB
Adi Prayitno
Adi Prayitno /Antara/Fathur Rochman/

GALAMEDIA – Meski masih tiga tahun lagi, calon presiden dan wakil presiden yang disebut akan maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah ramai diperbincangkan.

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan adalah dua sosok yang kerap dinilai cocok memimpin.

Pengamat politik Adi Prayitno menyoroti peluang Prabowo dan Anies bila maju di Pilpres 2024. Dia berpendapat, tidak menutup kemungkinan keduanya dipasangkan di 2024.

Baca Juga: Dari Artis hingga Penyanyi, Inilah Deretan Bridesmaids dan Groomsmen di Hari Bahagia Ria Ricis dan Teuku Ryan

Namun, ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan.

“Bila dilihat potensi kuat atau tidak tentu berdasarkan hasil lembaga survei,” ujar Adi pada wartawan yang dilansir Galamedia Selasa, 21 September 2021.

Adi juga berharap ada survei kecocokan antara Prabowo dan Anies.  Dari hasil survei baru bisa dilihat apakah keduanya bisa lebih unggul dari pasangan lain atau tidak.

Terlepas dari itu, elektabilitas Prabowo dan Anies sama-sama kuat.

Baca Juga: DFSK Super Cab Aktif Turut Membangun Bandung Lebih Modern

“Bila melihat elektabilitas Prabowo dan Anies tentu keduanya sama-sama kuat, kedua orang ini memiliki bekal yang sama, bekal popularitas dan elektabilitas," jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, bila Prabowo dan Anies bersatu, maka hasilnya akan baik.

“Kalau dua orang ini berkoalisi, bagus, mantap,” ungkapnya.

Pekerjaan rumah mereka berdua jika resmi bergabung hanya tinggal melawan pasangan lain.

“Tinggal bagaimana menstimulasi lawannya, apakah kuat atau tidak, dan seterusnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Banjir Pujian Saat Pose di Bali, Ini Harga OOTD Prilly Latuconsina

Lebih lanjut, Adi mengingatkan sampai saat ini Prabowo memiliki tugas yang harus dituntaskan, yakni menaikkan elektabilitas di angka 30-40 persen sebagai syarat aman karena pernah maju pemilu dua kali.

Adapun elektabilitas Anies terlihat cukup tinggi di beberapa survei.

Salah satunya survei Indonesia Political Opinion (IPO).

Dalam survei pada 2-10 Agustus 2021 lalu, Anies memperoleh persentase 18,7 persen unggul dibandingkan 19 tokoh potensial lainnya.

Baca Juga: Ahli Tarot Ungkap Tujuan Isu Lesti Kejora Hamil Duluan oleh Rizky Billar: Untuk Serang Image, Supaya...

"Survei kali ini misalnya kami ukur ada 20 nama tokoh, yang kami ukur elektabilitasnya terkait perspektif publik. Nama muncul pertama kali masih teratas Anies Baswedan 18,7 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo 16,5 persen, Sandiaga Uno 13,5 persen, AHY 9,9 persen," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya "Pandemi dan Konstelasi Politik 2024” Sabtu, 14 Agustus 2021.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x