Pulihkan Sektor Ekonomi, Pelaku UMKM Menjadi Target Vaksinasi

- 30 September 2021, 18:11 WIB
vaksinasi untuk pelaku UMKM.
vaksinasi untuk pelaku UMKM. /Hj. Ati Suprihatin/

GALAMEDIA - Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung mendapat vaksin Covid-19. Vaksinasi diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat dan Kota Bandung di Graha Kadin Kota Bandung, Kamis 30 September 2021.

Bank bjb, PT Pegadaian, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga turut berkolaborasi pada vaksinasi ini. Selain pelaku UMKM, vaksin juga diberikan kepada masyarakat sekitar lokasi.

Vaksinasi bagi pelaku UMKM selain untuk membantu pemulihan sektor ekonomi, juga percepatan terbentuknya kekebalan komunal (herd immunity) di Kota Bandung.

Ketua Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara mengatakan, pelaksanaan vaksinasi menjadi tanggung jawab moral dan organisasi dalam rangka memulihkan kesehatan. Karena sektor kesehatan sangat berpengaruh terhadap sektor ekonomi.

Baca Juga: Kabar Baik! Tol Cisumdawu Beroperasi Akhir Desember 2021, Bandung Kertajati Cuma 1,5 Jam

"Bagaimana orang akan berusaha dengan baik apabila tidak sehat?" kata Cucu pada pelaksanaan vaksinasi yang dihadiri Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

Kadin Jawa Barat dan seluruh Kadin di kota/kabupaten di Jawa Barat mendukung pemerintah daerah melakukan vaksinasi. Selain menyelenggarakan vaksinasi massal, Kadin juga mengerahkan mobil vaksinasi keliling untuk menyasar pelaku usaha dan masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi vaksin.

Cucu mengharapkan pelaku usaha di Jawa Barat sudah tervaksin sehingga relaksasi dunia usaha bisa secepatnya diberlakukan. Diantara syarat yang diajukan pemerintah dalam pemberian relaksasi bagi kegiatan ekonomi adalah, pelaku usaha termasuk karyawannya sudah tervaksin.

Cucu mengatakan, pelaku usaha menjadi salah satu sektor penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar bagi Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x