Rumus 5M, 3T hingga Vaksinasi Makin Gencar Dilakukan Meski Kasus Covid-19 Terus Melandai

- 5 Oktober 2021, 17:56 WIB
Ilustrasi. Kota Bandung tetap meningkatkan rumus 5M, 3T hingga vaksinasi meski kasus Covid-19 terus melandai.
Ilustrasi. Kota Bandung tetap meningkatkan rumus 5M, 3T hingga vaksinasi meski kasus Covid-19 terus melandai. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Setelah berjuang bersama-sama, sekitar 80 persen kelurahan di Kota Bandung sudah berada di zona hijau Covid-19.

Kendati demikian, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Kesehatan tetap melakukan penanganan Covid-19 dengan protokol kesehatan 5M, 3T, dan percepatan vaksinasi.

Adapun prokes 5M tersebut yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

Sedangkan 3T yaitu testing, tracking, treatment. Tujuannya adalah untuk membatasi ruang gerak Covid-19.

Baca Juga: Penderita Diabetes hingga Asma Bisa Sembuh, Racun Hilang Setelah Mengonsumsi Jenis Tumbuhan Ini

Kepala Dinkes Kota Bandung, dr Ahyani Raksanagara mengungkapkan, kasus Covid-19 di Kota Bandung dinilai turun berdasarkan beberapa indikator. Di antaranya kasus positif aktif di bawah 100.

"Kasus kesembuhan naik terus, kasus meninggal dua minggu terakhir sangat landai sehari bisa satu bisa nol. Mudah-mudahan terus membaik dan menunjukkan yang sakit tidak berat atau bisa tertangani," terang dia saat Program Bandung Menjawab di Auditorium Rosada, Balai Kota Bandung, Selasa 5 Oktober 2021.

Selain itu, Bed Occupancy Rate (BOR) dari 20 Rumah Sakit rujukan Covid-19 di angka 11 persen yang jauh dibawah standar WHO, 30-40 persennya juga diisi oleh warga luar Kota Bandung.

Jumlah tempat tidur menurun karena banyak dikonversi kembali untuk melayani pasien non covid-19.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x