Ihsanudin : Gubernur Ridwan Kamil Jangan Salah Fokus dalam Keluarkan Kebijakan Pengentasan Kemiskinan

- 10 Oktober 2021, 18:36 WIB
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Ihsanudin.
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Ihsanudin. /Hj. Ati Suprihatin/

GALAMEDIA - Sebanyak lima Kabupaten di Jawa Barat memiliki jumlah penduduk ekstrem tertinggi, diantaranya Kabupaten Karawang, Indramayu, Cianjur, Kuningan dan Bandung.

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jawa Barat, Ihsanudin, saat ditemui di kawasan Dago, Kota Bandung, Ahad (10 Oktober 2021) mengaku sangat prihatin dengan masih tingginya angka kemiskinan ekstrem di Jawa Barat, kondisi tersebut harus menjadi perhatian serius Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Ironis, Jawa Barat yang mengusung tagline Juara Lahir Batin masih banyak warganya yang berada di level kemiskinan ekstrem," ujar ihsanudin.

Merunut data yang dikeluarkan Kemendagri, dari lima kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang menjadi prioritas penanganan tahun ini berjumlah 460.327 jiwa dengan total jumlah rumah tangga miskin ekstrem sebanyak 107.560 rumah tangga.

Baca Juga: Khusus Sore Ini 90+ Kode Redeem FF 10 Oktober 2021: Item Halloween, Skin, Ribuan Diamond

Pria yang akrab disapa ical tersebut menegaskan, Pemerintah Provinsi harus sinergis dengan pemerintah pusat dan kab/kota agar program pengentasan kemiskinan berjalan sinergis dan sinkron.

“Ada prinsip intervensi yang harus dilakukan untuk mengatasi kemiskinan. Program yang ada di pemerintah daerah harus disinergikan. Rangkul swasta berkolaborasi atasi kemiskinan ekstrem ini. Pemerintah harus masuk data by name by address, baik secara top down atau pendataan langsung di lapangan. Sehingga program daerah lebih nyata secara pengaman sosial maupun penguatannya,” ujarnya melanjutkan.

Karena bagaimanapun Jawa Barat merupakan daerah kaya industri, pertanian, hingga perkebunan. jangan sampai kaya akan tingkat kemiskinannya juga, ungkap Ical.

Baca Juga: Biaya Tol Cibitung-Cilincing Rp10,80 Triliun Tapi Terjual Rp2 Triliun Saja, Demokrat: Sangat ‘Jenius’

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x