Erick Tohir Ungkap Kerja sama Telkom-Freeport dalam Proyek Pembangunan Smelter: Hadirkan Teknologi 5G Mining

- 12 Oktober 2021, 16:35 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menko Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan dimulainya pembangunan (groundbreaking) instalasi pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia yang mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menko Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan dimulainya pembangunan (groundbreaking) instalasi pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia yang mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. /Dok. Kemenko Perekonomian/

 

GALAMEDIA – Telkom Grup akan menggarap proyek digitalisasi yang digadang-gadang akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara dengan menghadirkan teknologi 5G mining di kawasan PT Freeport Indonesia.

Menteri BUMN Erick Tohir mengungkapkan hal tersebut di acara groundbreaking pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

Dalam acara yang juga dihadiri Presiden Jokowi, Erick mengatakan proyek kerjasama Telkom Grup dengan PT Freeport Indonesia ditargetkan akan diresmikan oleh Presiden enam bulan mendatang.

Baca Juga: Mau Lihat Romantisnya Song Hye Kyo-Jang Ki Yong? Tonton Teaser 'Now, We Are Breaking Up' di Sini

“Sesuai transformasi di dunia mengenai Revolusi Industri 4.0 kami berencana enam bulan lagi, Presiden dapat hadir di Freeport untuk meresmikan 5G Mining. Ini yang pertama di Asia Tenggara, hasil kerja sama Freeport dengan Telkom Grup,” kata Erick di groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia, dikutip dari Antara, Selasa 12 Oktober 2021.

Dalam keterangannya, Erick menjelaskan teknologi 5G Mining berfungsi untuk keamanan operasional dan sebagai proteksi bagi tenaga kerja PT Freeport Indonesia di dalam tambang.

Hal menarik lainnya, menurut penuturan Erick adalah 5G Mining ini dapat meningkatkan konektivitas integrasi dengan penerapan hyperconnect network.

Baca Juga: Bupati Bandung Kang DS: Ada Punishment Bagi Camat yang Daerahnya Tak Mencapai Target

“Rencananya, di sana ada kecanggihan autonomous car atau autonomous truck. Persiapan ini kita maksimalkan antara Freeport dan Telkom,” lanjut Erick.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x