Mengejutkan! Hasil Survei SMRC: Masyarakat Etnis Minang dan Sunda Paling Tidak Puas dengan Kinerja Jokowi

- 21 Oktober 2021, 14:23 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. /

GALAMEDIA - Usai ditetapkan menjadi Presiden RI, kini Jokowi-Ma'ruf genap dua tahun memimpin Indonesia.

Dengan kurun waktu tersebut, lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil Survei terkait kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf.

Berdasarkan hasil survei SMRC menunjukkan bahwa masyarakat etnis Minang diketahui sebagai kelompok masyarakat yang memiliki tingkat kepuasan paling rendah di antara etnis lainnya di Indonesia terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Baca Juga: Peringati 7 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Survei SMRC: Korupsi Makin Parah, Pemberantasan Korupsi Memburuk

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas mengungkapkan, sebesar 63 persen masyarakat etnis Minang menyatakan ketidakpuasannya terhadap kinerja Presiden Jokowi. Alhasil, sebesar 37 persen masyarakat Minang yang merasa puas dengan kinerja orang nomor satu RI tersebut.

Selain etnis Minang, Sirojudin juga mengatakan etnis lain dengan kepuasan terendah ialah masyarakat etnis Sunda, yaitu dengan persentase sebesar 49 persen.

"Etnis Minang dan Sunda paling rendah tingkat kepuasannya terhadap kinerja Presiden Jokowi," kata Sirojudin dilansir Galamedia dari saluran YouTube SMRC TV pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Baca Juga: Sebut Jokowi 'Sering Kabur' Ketika Hendak Ditagih Janji oleh Mahasiswa, Demokrat: Susah Nagihnya

Sementara, etnis dengan tingkat kepuasan tertinggi di antaranya adalah Batak dan Bugis dengan persentase masing-masing sebesar 77 persen, serta Jawa dengan persentase sebesar 76 persen.

Lebih jauh, dirinya menambahkan, berdasarkan agama, tingkat kepuasan masyarakat yang beragama Islam lebih rendah dibandingkan dengan agama lainnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x