Disbudparpora Kota Cimahi Akan Menggarap Ekowisata Cimenteng

- 22 Oktober 2021, 19:34 WIB
Lahan yang akan digunakan untuk ekowisata Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara.
Lahan yang akan digunakan untuk ekowisata Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi akan menggarap ekowisata Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. Saat ini sudah memasuki proses lelang.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman lelang resmi Pemkot Cimahi, yakni lpse.cimahikota.go.id, pagu anggaran untuk pengembangan ekowisata Cimenteng mencapai Rp 3,9 miliar yang bersumber dari bantuan Pemprov Jabar.

"Dokumennya sudah di bagian lelang dengan anggaran bantuan dari Pemprov Jabar," kata Kepala Disbudparpora Kota Cimahi, Budi Raharja, Jumat (22 Oktober 2021).

Ekowisata Cimenteng sendiri akan dibangun di RT 02/RW 12 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara. Lahan yang akan digarap merupakan bekas kawasan Wisata Cimahi Torobosan (Dewi Citos).

Dewi Citos merupakan tempat mengadu ketangkasan domba-domba dari berbagai daerah, sehingga selalu ramai dikunjungi masyarakat kala itu. Namun kini, kondisi tempat itu terbengkalai, karena aktivitas hiburan rakyat di tempat tersebut berhenti beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Menkopolhukam: Ada Banyak Kasus Kematian Akibat Pinjol Yang Dirahasiakan

Budi mengatakan, luas lahan yang akan dikembangkan menjadi ekowisata mencapai sekitar 6.000 meter persegi. Dari luasan lahan tersebut, lahan yang akan dibuat bangunan hanya sekitar 553 meter persegi.

Apalagi lokasi pengembangan ekowisata itu berada di Kawasan Bandung Utara (KBU). Ekowisata nantinya akan mendukung keberadaan Taman Kehati. "Posisisinya di KBU, jadi kita dibawah 30 persen untuk pembangunannya," ucap Budi.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi, Nursaleh menambahkan, pengembangan ekowisata Cimenteng harus selesai tahun ini, sehingga triwulan pertama tahun 2022 sudah bisa dinikmati pengunjung.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x