Cek Fakta: Penerima Vaksin Pfizer Lebih Rentan Terpapar Covid-19?

- 23 Oktober 2021, 10:32 WIB
2,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia, Diperuntukan Bagi Jawa Barat,  Jawa Tengah dan Yogyakarta.
2,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia, Diperuntukan Bagi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. /Instagram/@lawancovid19_id

GALAMEDIA - Sebuah media yang berbasis di Amerika Serikat (AS), livestylenews.com merilis sebuah informasi yang menyatakan bahwa orang yang mendapatkan suntikan vaksin Pfizer lebih mudah terpapar Covid-19.

Informasi tersebut tertuang dalam sebuat artikel pada 20 September 2021 yang mengklaim berasal dari sebuah studi Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

"UPDATE. 'Jika Anda mendapatkan vaksin Pfizer, Anda lebih mungkin terkena COVID': Studi analis industri dari FDA," demikian narasi dalam artikel yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Google Catat Pemerintah Indonesia Sering Minta Hapus Konten, dr. Eva: Ternyata Baperan Sudah dari Puncaknya

Lantas benarkan penerima vaksin Pfizer lebih rentan terkena Covid-19?.

Melansir pemberitaan Antara, Sabtu, 23 Oktober 2021, disebutkan bahwa informasi tersebut sudah dibantah oleh juru bicara FDA. "Klaim itu salah dan menyesatkan," kata juru bicara FDA, seperti dilansir dari AFP.

Pihak FDA mengatakan bahwa lembaganya selalu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap data dan informasi yang disampaikan.

Selain itu, narasi tersebut juga dibantah oleh Direktur Pusat Pemodelan dan Analisis Penyakit Menular dari Yale Alison Galvani juga membantah narasi soal vaksin Pfizer tersebut.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Siap Debat Terbuka dengan Deklarator 'Anies Baswedan for Presiden 2024'

Galvani justru menyebutkan bahwa orang dengan vaksin Pfizer lebih kecil kemungkinan terpapar Covid-19.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x