Dipimpin Inspektur Upacara Mahfud MD, SBY Bakal Hadiri Upacara Pemakaman Sudi Silalahi di TMP Kalibata

- 26 Oktober 2021, 12:22 WIB
 Innalillahi, Mensesneg Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi Meninggal Dunia
Innalillahi, Mensesneg Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sudi Silalahi Meninggal Dunia /Pikiran Rakyat

GALAMEDIA – Jenazah mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2009-2014 Sudi Silalahi akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan siang Ini.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra mengatakan jenazah saat ini disemayamkan di rumah dukadi Perum Jati Warna Indah Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat dan akan diberangkatkan ke TMP Kalibata, Jakarta pukul 13.00 WIB.

Menurut penuturan Herzaky, Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana hadir di upacara pemakaman.

Baca Juga: PALING BARU! 15+ Kode Redeem FF 26 Oktober 2021: Buruan Klaim Hadiah Spesial Khusus Siang Ini

“Kami sampaikan bahwa Bapak SBY berencana untuk menghadiri upacara pemakaman Bapak Sudi Silalahi nanti siang di TMP Kalibata,” ujar Herzaky.

Menteri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD didaulat menjadi inspektur upacara (irup) pemakaman Letjen Purn. Sudi Silalahi siang ini.

Melalui cuitannya di Twitter, Mahfud MD juga menyampaikan turut berbelasungkawa atas wafatnya Sudi Silalahi yang disebutnya sebagai sosok sahabat yang baik.

Baca Juga: Prilly Pamer Video TikTok Bareng Reza Rahardian, Penggemar Gagal Move On dari MLMH Season 1: Semoga Berjodoh

“Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Allah SWT telah memanggil Sudi Silalahi ke haribaan-Nya Senin mlm (25/10/21). Semoga husnul khatimah. Almarhum adl teman baik sy sejak menjadi Pangdam V di Jatim, kemudian Sesmenko Polhukam, Seskab, dan Mensesneg. Almarhum adl sahabat yg baik,” cuit Mahfud di akun Twitter @mahfudmd.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung akan menjadi irup mangkatnya Sudi Silalahi dari rumah duka di kawasan Bekasi, Jawa Barat.

Dikabarkan sebelumnya almarhum Sudi Silalahi meninggal dunia karena sakit di RSPAD Gatot Subroto, Senin, 25 Oktober 2021 malam.

Baca Juga: Kolaborasi Bareng Denny Caknan, Baru Kali Ini Young Lex Nge-rap Pake Bahasa Jawa

Semasa hidup, jenderal bintang tiga ini dikenal sebagai salah satu tangan kanan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Sudi Silalahi, yang merupakan lulusan Akademi Milter tahun 1972 dan mengakhiri karier militernya dengan pangkat Letnan Jenderal.

Kemudian Sudi mengawali kariernya di pemerintahan kala menjabat sebagai sekretaris SBY saat menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Babymoon, Ini Total Harga Fesyen Item Lesti Kejora di Turki, dari Jutaan Hingga Ratusan Juta!

Saat SBY menjadi presiden, Sudi ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet untuk Kabinet Indonesia Bersatu periode pertama pemerintahan SBY tahun 2004-2009.

Dan pada periode pemerintahan kedua, SBY mengangkat Sudi menjadi Mensesneg periode 2009-2014.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x