Antisipasi Bencana, BNPB Pasang 27 Alat Peringatan Dini Bencana Longsor

- 30 Oktober 2021, 15:01 WIB
Ilustrasi longsor.
Ilustrasi longsor. /BNPB

 

GALAMEDIA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memasang 27 alat peringatan dini bencana tanah longsor untuk membantu pengambilan keputusan proses evakuasi masyarakat.

"BNPB telah memperkuat sistem peringatan dini banjir dan longsor dalam tingkat komunitas yang diperuntukkan sebagai decision support system," kata Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dalam keterangan tertulis, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Ganip mengatakan alat tersebut masih terus ditambah hingga menjangkau ke seluruh pelosok Nusantara yang berpotensi bencana.

Dalam waktu dekat, di beberapa wilayah aliran sungai di Jawa Timur dan Jawa Tengah akan dilakukan penambahan sebanyak tujuh unit alat.

Baca Juga: 404 Presiden Jokowi Not Found Jadi Ide Lomba Mural, Kapolri: Gambarnya yang Paling Pedas Jadi Sahabat Kapolri

Ganip mengatakan diperlukan partisipasi aktif dari unsur pentahelix (pemerintah, lembaga usaha, akademisi, masyarakat, dan media) dalam mengantisipasi risiko bencana hidrometeorologi.

Dikatakan Ganip, kerja sama antara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di hulu dengan BNPB dari sektor hilir dapat meningkatkan kekuatan peringatan dini untuk pengambilan tindakan yang cepat dan tepat dalam rangka mengurangi risiko bencana.

Peringatan dini tersebut juga menjadi dasar untuk tindakan tanggap darurat selanjutnya.

Ia mengatakan masyarakat dapat secara mandiri memonitor peringatan dini melalui laman BMKG dan informasi daerah berpotensi banjir, banjir bandang, dan tanah longsor sampai level desa melalui https://inarisk2.bnpb.go.id/pencegahan/.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x