TERANCAM Banjir Bandang 17 Daerah di Jabar Berstatus WASPADA, dari Bekasi hingga Pangandaran

- 2 November 2021, 17:03 WIB

 

GALAMEDIA - Terancam banjir bandang, sebanyak 17 daerah di Jabar berstatus waspada selama 1-2 November 2021.

Ke 17 daerah tersebut, dimulai dari Bekasi hingga ke Pangandaran. Bahkan daerah di Bandung Raya termasuk paling banyak berstatus waspada.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Jabar untuk mewaspadai potensi banjir bandang tersebut.

Baca Juga: TERANCAM Banjir Bandang, Ini Daftar Daerah di Jabar yang SIAGA dan WASPADA 1-2 November 2021

Berdasarkan hasil monitoring BMKG terhadap perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas.

Selain itu, diprediksi aktifnya fenomena MJO, aktifnya Gelombang Rossby dan Gelombang Kelvin dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan, termasuk wilayah Jawa Barat dan Bandung Raya.

Kepala BMKG Kota Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, kondisi naiknya aktivitas konvektif di wiayah Indonesia, berlaku tanggal 1 November 2021 pukul 07.00 WIB hingga 3 November 2021 pukul 07.00 WIB.

Baca Juga: WASPADA Potensi Banjir Bandang Melanda Wilayah Jabar 1-2 November 2021

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x