Jawa Barat Siaga Satu Bencana, Waspada Ancaman Banjir dan Tanah Longsor

- 10 November 2021, 15:30 WIB
Banjir bandang menerjang Kampung Kincir Papandayan RT 04/RW 05 Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada Sabtu 6 November 2021 siang sekira pukul 14.00 WIB.
Banjir bandang menerjang Kampung Kincir Papandayan RT 04/RW 05 Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung pada Sabtu 6 November 2021 siang sekira pukul 14.00 WIB. /Tangkapan layar video/

GALAMEDIA - Seluruh wilayah di Jawa Barat diminta untuk siaga satu bencana. Banjir dan tanah longsor setiap waktu mengancam.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pun mengimbau kepala daerah dan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jabar untuk siaga satu menghadapi musim hujan.

Hal itu dilakukan agar seluruh daerah meningkatkan kesiagaan menghadapi potensi bencana di musim hujan.

Baca Juga: BANDUNG Dilanda Hujan Deras, Sejumlah Pohon Dilaporkan Tumbang

"Saya sudah mengimbau kepala daerah bupati wali kota, kepala BPBD siaga satu di musim penghujan ini," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, Rabu, 10 November 2021.

Emil melaporkan, musim hujan diperkirakan akan berlangsung sampai awal 2022. Menurutnya, ada dua potensi bencana saat musim hujan, yakni banjir dan tanah longsor.

“Ini musim penghujan sampai Februari-Maret, musim penghujan itu biasanya mengakibatkan dua potensi kebencanaan, satu banjir yang sering kita lihat, kedua adalah longsor biasanya di daerah yang miring,” tuturnya.

Mantan Wali Kota Bandung ini pun mengimbau masyarakat Jabar agar menjaga kebersihan saluran air termasuk selokan yang berada di lingkungan sekitar serta tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Diroasting Kiky Saputri, Anies Baswedan Malah Ketagihan: Sering-sering Juga Boleh

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x