Golok Barlen Terpanjang di Dunia Huni Museum Subang

- 10 November 2021, 18:11 WIB
Ketua Komunitas Bedog Barlen, Taufiq Hidayat menyerahkan bedog barlen hasil karya pengrajin turun temurun kepada Bupati Subang.
Ketua Komunitas Bedog Barlen, Taufiq Hidayat menyerahkan bedog barlen hasil karya pengrajin turun temurun kepada Bupati Subang. /Dally Kardilan/Galamedia/

GALAMEDIA - Museum Subang yang berlokasi di Gedung Wisma Karya yang merupakan peninggalan sejak jaman Inggris memiliki penghuni baru, berupa Golok Barlen Terbesar di Dunia.

Sebelumnya golok tersebut berada di Komunitas Golok Barlen di Cibeureum, Kecamatan Tanjungsiang, Subang.

Secara resmi, golok yang dibawa dengan kendaraan trailer dan diusung dengan puluhan warga pengrajin serta budayawan tersebut, secara simbolis diserahkan oleh Ketua Komunitas Golok Barlen, Taufiq Hidayat kepada Bupati Subang dengan penyerahan golok barlen.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Subang, Kadar Hendarsyah, S.Pd., M.Hum, Golok Barlen merupakan salah satu dari 10 pemajuan kebudayaan teknologi tradisional, yang juga menambah koleksi UPTD Museum Subang yang berjumlah sekitar 230 koleksi.

Baca Juga: Dari AS, AHY Kembali 'Ceramahi' Moeldoko Gemar Pamer Kekuasaan hingga Coreng Nama Baik Jokowi

“Dengan adanya Golok Barlen yang dipajang di dalam dengan panjangnya mencapai 13 meter dan berat 1 ton sehingga menjadi koleksi besar museum bersama tulang Stegodon dan Bejana Perunggu,“ kata Kadar.

Hal ini dibenarkan Ketua Komunitas Golok Barlen, Taufiq Hidayat, golok dibuat dibuat secara gotong royong oleh masyarakat Tanjungsiang dari baja husus saat akan memperingati Hari Pariwisata Dunia, empat tahun silam. Saat itu pun keberadaannya masuk ke Original Record Indonesia (ORI).

Dirinya masyarakat Subang bisa semakin mengenal golok barlen, dengan disimpannya di museum Subang. Tentu saja diperlukan tempat khusus dan perawatan yang kontinyu.

Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada pengrajin yang telah membuat Golok Barlen.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x