Berulang Tahun Ke-109, Jokowi: Muhammadiyah Merawat dan Memajukan Indonesia

- 18 November 2021, 13:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Setpres

GALAMEDIA - Presiden RI Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Muhammadiyah yang tepat pada 18 November 2021 ini berulang tahun ke-109.

Ucapan selamat tersebut disampaikan Joko Widododalam sebuah video yang diunggah kanal Youtube Muhammadiyah Channel pada Kamis, 18 November 2021.

Dalam pidatonya, Jokowi mengucapkan selamat atas ulang tahun Muhammadiyah yang ke-109. Jokowi juga mengapresiasi segala bentuk dukungan yang sudah diberikan Muhammadiyah pada bangsa dan negara.

Baca Juga: Pria Ini Hilang Misterius di Cadas Pangeran Sumedang, Mbah Mijan Bilang Begini

“Pertama-tama atas nama masyarakat, bangsa dan negara saya mengucapkan selamat Milad ke-109 kepada Perserikatan Muhammadiyah,” kata Jokowi dilansir Galamedia dari YouTube Muhammadiyah Channel pada Kamis, 18 November 2021.

“Di usia yang ke-109 ini Perserikatan Muhammadiyah telah mewarnai perjalanan bangsa, bersinergi membangun kekuatan, berjuang, merawat dan memajukan Indonesia,” ungkap Jokowi.

Kemudian orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan bahwa Perserikatan Muhammadiyah telah menyebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat Muslim yang berkemajuan sebagai kunci meraih martabat insan kamil.

Baca Juga: Umumkan Profesi Barunya sebagai Ketua RT, Luna Maya Berharap Bisa Bantu Warga Kemang

Menurut Jokowi, nilai utama Islam berkemajuan dan Islam wasathiyah telah menjadi fondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara Muslim terbesar yang aman dan demokratis.

Lalu, Jokowi juga menyampaikan bahwa pemerintah mengapresiasi dan menghargai kontribusi serta konsistensi Muhammadiyah dalam membantu menangani pandemi Covid-19.

“Sejak awal pandemi, Muhammadiyah bergerak cepat. Mengerahkan seluruh potensi amal usahanya secara terorganisir, melakukan kerja kemanusiaan dengan tulus dan ikhlas,” jelasnya.

Baca Juga: Anwar Abbas Sebut JI di Lampung Belum Obrak-abrik Negara, Lebih Baik Densus 88 Urus KKB di Papua

Jokowi menyatakan bahwa Muhammadiyah merupakan contoh kesalehan sosial melalui optimalisasi pemanfaatan lebih dari 117 rumah sakit dan 63 perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Muhammadiyah mendampingi, menguatkan dan mencerahkan umat, melakukan ikhtiar medis dan mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan,” kata Jokowi.

“Alhamdulilah berkat kerjasama dan kerja keras dari seluruh komponen bangsa laju penyebaran Covid berhasil kita tekan. Kita turunkan dan masyarakat perlahan bisa beraktivitas kembali,” sambung Jokowi.

Baca Juga: Spoiler Buku Harian Seorang Istri 18 November 2021: Terbongkar! Fajar Ternyata Anak Angkat Bu Diana dan Wawan

Jokowi juga menyampaikan bahwa upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia diapresiasi masyarakat internasional, termasuk kepercayaan untuk menjadi Presidensi G20 2022.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x