Tak Tanggung-tanggung Guna Hindari Kiamat, NASA Kirim Pesawat DART ke Luar Angkasa

- 26 November 2021, 16:07 WIB
Pesawat ruang angkasa DART milik NASA lepas landas pada pukul 6:21 pagi waktu setempat (24/11/2021).
Pesawat ruang angkasa DART milik NASA lepas landas pada pukul 6:21 pagi waktu setempat (24/11/2021). /Instagram/@nasa

GALAMEDIA - Belum lama ini NASA meluncurkan sebuah pesawat DART ke ruang angkasa untuk menangkal asteroid agar terhindar dari tabrakan dengan Bumi.

Perlu diketahui kabar tersebut pesawat luar angkasa itu merupakan misi NASA untuk mendemonstrasikan sistem pertahanan planet pertama di dunia yang dirancang untuk membelokkan asteroid dari potensi tabrakan kiamat dengan Bumi.

Sementara itu, dilansir Galamedia dari akun Twitter Al Arabiya pesawat ruang angkasa yang dinamakan misi DART (Double Asteroid Redirection Test) diluncurkan ke langit malam pada pukul 10:21 malam dengan membawa roket Falcon 9 milik SpaceX.

Muatan DART yang seukuran mobil kecil, dilepaskan dari booster beberapa menit setelah peluncuran untuk memulai perjalanan 10 bulan ke luar angkasa, sekitar 6,8 juta mil (11 km) dari Bumi.

Sesampainya di sana, DART akan menguji kemampuannya untuk mengubah lintasan asteroid dengan kekuatan kinetik belaka.

Baca Juga: Raffi Ahmad Bocorkan Inisial Nama Putra Keduanya, Begini Tebakan Lucu Netizen

Membajaknya dengan kecepatan tinggi untuk mendorong batu ruang angkasa keluar dari jalur yang cukup untuk menjaga planet kita dari bahaya.

Kamera yang dipasang pada penabrak dan pesawat ruang angkasa mini seukuran tas kerja yang akan dilepaskan dari DART sekitar 10 hari sebelumnya akan merekam tabrakan dan memancarkan gambarnya kembali ke Bumi.

Asteroid DART ditujukan untuk tidak menimbulkan ancaman nyata.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x