BAZNAS Ajak Masyarakat Gelar Istigasah untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

- 6 Desember 2021, 09:07 WIB
 Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) / Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

GALAMEDIA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya warga Lumajang, Jawa Timur untuk menggelar istigasah dan doa bersama  menghadapi erupsi Semeru.

“Berdoa dapat menjadi penenang dalam menghadapi berbagai ujian termasuk  erupsi Semeru ini. Mari kita doakan bersama dengan memperbanyak membaca istigasah, qunut nazilah, supaya  masyarakat yang tengah tertimpa musibah ini mendapatkan kemudahan dan penyelesaian dari Allah SWT,” kata Pimpinan BAZNAS RI, K.H. Achmad Sudrajat, Lc., M.A., Minggu  5 Desember 2021.

Ajat mengingatkan, Islam mengajarkan doa adalah senjata orang beriman, penenang jiwa, dan penumbuh optimisme dalam kehidupan.

Baca Juga: Kenakan Jersey Pemain Lain, Kiper PSIS Hanya Dihukum Denda Rp10 Juta

Dengan berdoa, Ajat berharap kejadian luar biasa seperti erupsi Semeru bisa segera diatasi dan memperoleh kemudahan dari Allah SWT.

Salah satunya doa yang Rasulullah SAW sampaikan ketika sedang berada dalam  bahaya:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan.

Baca Juga: Survei: Emak-emak, Tamatan SD, Mahasiswa, hingga Buruh Tolak Jokowi 3 Periode  

Artinya, “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR Abu Daud).

Ajat kembali mengingatkan setiap bencana adalah  bahan introspeksi yang menyadarkan manusia untuk lebih berhati-hati  dan kembali mendekatkan diri pada-Nya serta mengikuti petunjuk hidup yang telah disyariatkan.

Baca Juga: Erick Thohir Pastikan BUMN Bergerak Cepat Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

"Saya yakin kita semua tengah dalam suasana kebatinan dan kesadaran spiritualitas yang sama, sebagai manusia yang lemah dan membutuhkan pertolongan dari Allah," tuturnya.

Ajat mengajak semua pihak, terutama masyarakat Lumajang Jawa Timur untuk waspada, tetap berikhtiar, menjaga diri, keluarga dan orang lain di sekitar.

"Untuk itu mari kita perkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, meningkatkan kedermawanan sosial, semangat berbagi dan rela berkorban untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Semeru," paparnya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x