ERUPSI GUNUNG SEMERU, Berdampak kepada 5.205 Jiwa! 1.300 Orang Berada di Pengungsian

- 5 Desember 2021, 22:06 WIB
Sejumlah rumah terdampak abu vulkanik Gunung Semeru.
Sejumlah rumah terdampak abu vulkanik Gunung Semeru. /Jurnal Soreang/Instagram @socialdisaster.rescue

GALAMEDIA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut jumlah masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru kembali bertambah menjadi 5.205 jiwa. Sedangkan yang berada di pengungsian sebanyak 1.300 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan jumlah warga yang mengungsi ini bertambah dari data sebelumnya sebanyak 902 orang.

"Dari jumlah tersebut masih ada sembilan jiwa yang masih dalam proses pencarian, status korban apakah hilang atau sudah meninggal dunia," ungkap Abdul Muhari saat konferensi pers secera virtual, Minggu, 5 Desember 2021, malam.

Baca Juga: Ini Daftar Kereta Api yang Beroperasi Desember 2021 di Wilayah KAI Daop 1 Jakarta

Selain itu, Abdul juga menyampaikan untuk korban luka berat yang di RS Haryoto saat ini berjumlah 8 orang. Korban luka berat juga ada yang dirawat di RSUD Pasirian sebanyak 16 orang, RS Bhayangkara 3 orang, Puskesmas Penanggal 8 orang.

"Sehingga dengan total korban luka berat ada 35 orang," kata Abdul.

Abdul melanjutkan, adapun untuk luka ringan berjumlah 21 orang. Sehingga total korban luka berjumlah 56 orang. Diketahui, angka ini berkurang dari rilis siang hari ini yang jumlah 69 orang.

Baca Juga: Gunung Semeru Semburkan Abu Vulkanik, Begini Kata BMKG Soal Transportasi Udara

"Pak Kepala BNPB memerintahkan harus terbentuk 1 posko terpadu sehingga bisa terkoordinasi dan data bisa terkonsolidasi," tukasnya.***

Editor: Dicky Aditya

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x