Aksi Pria Tendang Sesajen, Ketua MUI: Apapun Alasannya Tak Dibenarkan Merendahkan Keyakinan Orang Lain

- 10 Januari 2022, 19:08 WIB
Ketua MUI Pusat, Cholil Nafis
Ketua MUI Pusat, Cholil Nafis /MUI/

GALAMEDIA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis turut menanggapi video seorang pria yang menendang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru.

Cholil Nafis merasa geram dengan aksi pria yang menendang dan menghancurkan sesajen tersebut, lantaran tak menghargai adat istiadat daerah lain.

Menurutnya, aksi menendang sesajen tak patut dibenarkan. Pasalnya, hal itu sangat merendahkan keyakinan atau budaya orang lain.

Baca Juga: Isu Video Syur 61 Detik Terpa Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Pemilik RANS Cilegon FC Langsung Geram

"Soal sesajen itu bisa karena keyakinan bisa karena budaya. Tapi apapun alasannya tak dibenarkan merendahkan keyakinan atau budaya orang lain," kata Cholil Nafis, dikutip Galamedia dari akun Twitter @cholilnafis, Senin 10 Januari 2022.

Cholil yang menyesalkan adanya kejadian itu menilai, apa yang dilakukan pria penendang sesajen tersebut sudah salah kaprah.

Hal itu dikarenakan perilaku pria yang menendang sesajen sangat jauh dari nilai-nilai islam yang ramah terhadap pemeluk agama lain.

Ia juga mengatakan, setiap muslim sejati wajib menyampaikan dakwah dengan lemah lembut yang penuh hikmah, bukan merendahkan seperti pria dalam video tersebut.

Baca Juga: Sriwijaya Air SJ182 Rute Jakarta-Pontianak Jatuh di Kepulauan Seribu, 62 Orang Tewas pada 9 Januari 2021

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x