Fakta Menarik Jembatan Jembalas di KBB, Diklaim Jembatan Apung Terpanjang di Indonesia

- 13 Januari 2022, 16:24 WIB
Jembatan Jembalas di KBB  diklaim sebagai jembatan apung terpanjang di Indonesia
Jembatan Jembalas di KBB diklaim sebagai jembatan apung terpanjang di Indonesia /Dicky Mawardi/Galamedia/

GALAMEDIA - Jembatan Jembalas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang viral di media sosial gegara ambruk dan terakhir melengkung diterpa angin kencang, diklaim sebagai jembatan apung terpanjang di Indonesia.

Jembalas sendiri merupakan singkatan dari Jembatan Batujajar Cihampelas. Karena memang jembatan ini menghubungkan antara dua kecamatan Batujajar dan Cihampelas membentang di atas Waduk Saguling.

Konsultan Perencana Jembatan Jembalas, Gaston Barus mengatakan, jembatan apung ini memiliki panjang 516 meter dan lebar 2,5. Diklaim menjadi jembatan apung terpanjang di Indonesia.

Baca Juga: Tragis! Sertifikat Dicuri Cucu Tiri dan Tandatangan Dipalsukan, Nenek Ellen Terancam Kehilangan Tempat Tinggal

"Proses pengerjaannya memakan waktu 40
hari sejak 10 November hingga 18 Desember 2021," ungkap Gaston di Padalarang, 13 Januari 2022.

Jembatan Jembalas menggunakan material kayu trembesi, papannya memakai kayu mahoni yang dilapisi ban. Bagian bawahnya dipasang sekitar 1.000 drum plastik sehingga ketika air naik, jembatan ini terapung.

Mengomentari dua kali kejadian yang menimpa jembatan itu, Gaston mengakui, bahwa sebenarnya pembangunan Jembalas belum beres.

Baca Juga: Ibu Eti Terancam Terusir dari Rumah Sendiri, LBH Golkar Bandung Ikut Berjuang Tegakkan Keadilan

"Belum beres, masih banyak yang perlu diperkuat. Tapi masyarakat mendesak agar segera difungsikan. Akhirnya kami ujicobakan, jadi sekarang ini belum beres," katanya.

Kejadian terakhir, jembatan yang pembangunannya menghabiskan anggaran sekitar Rp1,5 miliar tersebut melengkung akibat tersapu angin kencang.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x