Elektronik Loket PT Telkom Jadi Tumpuan Desa Wisata Stone Garden Cipatat

- 18 Januari 2022, 20:48 WIB
Kunjungan Staf Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Samsul Widodo di Stone Garden,  KBB Selasa  18 Januari 2022.
Kunjungan Staf Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Samsul Widodo di Stone Garden, KBB Selasa 18 Januari 2022. /Istimewa/

GALAMEDIA - Sekalipun baru beberapa bulan digunakan, penggunaan Elok (Elektronik Loket) sebagai bagian solusi Smart Village Nusantara dari Tribe Smart Village & Community PT. Telkom di Desa Wisata Stone Garden, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), telah menciptakan berbagai kemudahan.

Sukmayadi, Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Stone Garden, Padalarang, KBB, yang juga Ketua Pokdarwis Jabar mengatakan, pihaknya baru menggunakan Elok per November 2021 guna mendata seluruh pendapatan pada wisata alam gunung kapur tersebut.

"Keuntungan utamanya adalah semua terpantau hanya di gadget tanpa perlu tiap hari saya ke lokasi lagi. Dulu tiap sore saya harus ke sini untuk mengecek keuangan, sekarang bisa lihat dari mana saja," katanya di sela-sela kunjungan Staf Ahli Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Samsul Widodo di Stone Garden, Selasa  18 Januari 2022.

Baca Juga: Arteria Dahlan 'Usik' Bahasa Sunda, Ridwan Kamil Langsung Respons Begini

Selain Samsul, turut hadir Fujiartanto sebagai Kepala Pusat Pelatihan SDM Desa Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Lalu Samsul Hakim (Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah Tertinggal Transmigrasi). 

Menurut Sukmayadi, keuntungan utama lainnya adalah munculnya rasa saling percaya antar pengelola karena semuanya trasparan dan bisa saling pantau.

Sebelumnya, hal ini sempat mencuat jadi kendala operasional karena ketiadaan alat.

Elok diprediksinya makin membuat pengelolaan wisata alam ini makin maju. Rata-rata kunjungan per tahun 110 ribu, termasuk tidak ada penurunan selama pandemi tahun 2020-2021 yang masing-masing mencapai 116 ribu dan 120 ribu.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Layangan Putus, Mulai Dari Sinopsis, Jumlah Episode dan Link Nonton

"Ke Stone Garden tidak menurun kunjungan karena prokes tetap dijalankan, dan ini wisata outdoor. Ini pun pendapatan selama 17 hari, berkat Elok, terpantau sudah masuk Rp27 juta yang akan kami kembalikan ke masyarakat sekitar," katanya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x