Bisa Fatal, 6 Bagian Ayam yang Sebaiknya Jangan Sering Dikonsumsi

- 21 Januari 2022, 09:24 WIB
Ayam Bakar
Ayam Bakar /

GALAMEDIA - Daging ayam memiliki kandungan yang baik untuk menutrisi tubuh seperti protein yang tinggi, ditambah vitamin dan mineral.

Bahkan penelitian menyebut, mengonsumsi ayam bisa membantu mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan mengurangi risiko kanker.

Walaupun sarat manfaat tapi terlalu sering menyantap bagian tertentu ayam bisa menimbulkan risiko karena mengandung lemak hingga racun.

Baca Juga: Terjadi Ledakan Bom di Candi Borobudur, Patung dan Stupa Dilaporkan Hancur, Hari Ini 37 Tahun Lalu

Apa saja? Berikut di antaranya yang Galamedia rangkum dari berbagai sumber:

1. Leher

Pada bagian leher terdapat kelenjar getah bening berbentuk benjolan kecil. Seperti kita ketahui, kelenjar getah bening berfungsi membantu menangkis bibit penyakit yang masuk ke tubuh ayam. Di bagian ini terdapat kuman serta bakteri.

2. Kepala

Sebagian besar peternak memberi makan ayam dengan pakan yang dicampur zat-zat kimia dengan kandungan logam.

Nah, kandungan logam berat tersebut bisa menumpuk di bagian otak unggas. Makin tua usia ayam, makin banyak pula kandungan logamnya.

Baca Juga: Terjadi Ledakan Bom di Candi Borobudur, Patung dan Stupa Dilaporkan Hancur, Hari Ini 37 Tahun Lalu

3. Ceker

Ceker ayam yang diternakkan secara modern tidak lagi aman dikonsumsi. Ini karena ayam  dikembangbiakkan dengan tambahan suntikan zat kimiawi, yang salah satunya dilakukan di bagian kaki atau ceker.

Beberapa kerugian konsumsi ceker yang berlebihan bagi kaum Hawa adalah risiko terjangkit endometriosis atau kKista cokelat, kanker rahim, kanker payudara dan kanker serviks.

4. Buntut

Pada bagian bokong atau buntut ayam banyak terdapat kelenjar getah bening. Di dalam kelenjar ini ada makrofag atau sejenis sel darah putih yang membantu membersihkan bakteri, virus, mikroba, hingga zat karsinogen penyebab kanker yang masuk ke dalam tubuh ayam.

Tetapi, makrofag tak mampu menguraikan racun. Akhirnya racun tertimbun di bagian ini.

Baca Juga: Arteria Dahlan Dilaporkan Majelis Adat Sunda ke Polda Jabar, Netizen: Urang Sunda Boga Taring

5. Sayap

Dari ayam kecil sampai dewasa dan siap panen, paling tidak ayam empat kali disuntik hormon  melalui sayap.

Sisa dari obat yang disuntikkan tentu berada pada bagian sayap. Hal ini mengakibatkan sayap amat tidak layak dimakann terus-menerus karena bisa memicu tumor.

6. Jeroan

Salah satu contoh jeroan favorit adalah hati. Organ hati berperan penting dalam menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak heran  jika sisa-sisa racun tertinggal di sana. Berlebihan mengonsumsi jeroan bisa mengakibatkan kenaikan kadar kolestrol, gangguan pencernaan hingga asam urat.

Nah, ikut alasan jangan terlalu sering mengonsumsi bagian tadi ya!***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah