Tabrakan Beruntun di Balikpapan Menyebabkan 21 Orang Tewas pada Tanggal 21 Januari 2022, Benarkah?

- 24 Januari 2022, 17:44 WIB
Kondisi truk tronton yang alami kecelakaan di Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 21 Januari 2022.
Kondisi truk tronton yang alami kecelakaan di Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 21 Januari 2022. /ANTARA FOTO/HO/Novi A

GALAMEDIA - Beredar klaim data yang menunjukan bahwa kecelakaan maut tabrakan beruntun yang disebabkan truk tronton di Simpang Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menyebabkan 21 orang meninggal dunia (tewas).

Warganet yang melihat angka 21 orang tewas dalam tabrakan beruntun di Balikpapan kemudian membuat cocoklogi mengenai hari peristiwa kecelakaan maut tersebut, yakni Jumat 21 Januari 2022.

“BARU SADAR Kecelakaan Mobil Truck rem blong di Balikpapan terjadi pada tanggal 21/1/2022. Terjadi tanggal 21 korban meninggal 21 orang,” tulis pengguna akun Facebook bernama Hatni Boyd.

Hatni Boyd mengunggah sebuah tangkapan layar dari platform media sosial Helo berisi narasi mengenai kecelakaan beruntun di Balikpapan pada 21 Januari 2022 lalu.

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat narasi klaim yang menyebut bahwa korban tewas dalam kecelakaan tersebut sebanyak 21 orang yang sama dengan tanggal kejadian.

Baca Juga: Resmi! Pemilu Akan Diadakan 14 Februari 2024 Mendatang

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Tim Turn Back Hoax Indonesia, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Polda Kaltim) membantah ada 21 korban akibat kecelakaan maut tabrakan truk tronton maut di turunan Simpang Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 21 Januari 2022.

“Enggak (21 orang yang meninggal dunia), 4 orang. hoax itu (21 orang meninggal dunia), bohong,” kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Yusuf Sutejo saat dikonfirmasi awak media.

Yusuf menyatakan, korban yang mengalami luka ringan atas tabrakan truk tronton yang dikemudikan oleh MA sebanyak 26 orang dan luka berat ada 4 orang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x