UPDATE, Kemenhub Ungkap Penyebab Kecelakaan Maut Truk di Balikpapan, Ini Penjelasannya

- 24 Januari 2022, 10:15 WIB
Polisi lakukan olah TKP usai terjadinya kecelakaan maut di Balikpapan
Polisi lakukan olah TKP usai terjadinya kecelakaan maut di Balikpapan /ANTARA FOTO/HO/Novi A

GALAMEDIA - Penyebab kecelakaan maut truk yang menyebabkan puluhan nyawa meninggal dunia di Balikpapan, masih terus diinvestigasi Kemenhub.

Temuan sementara, Kemenhub mengungkap penyebab kecelakaan maut truk tersebut disebabkan karena perubahan konfigurasi sumbu ban.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyebut saat ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih terus melakukan investigasi kecelakaan truk tersebut.

"Dari hasil temuan sementara, adanya tambahan rear over hang (ROH) dan perubahan konfigurasi sumbu ban dari 1-1 menjadi 1-2-2 pada truk tersebut," ungkap Budi dalam keterangannya dikutip Galamedia Senin 24 Januari 2022.

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Nagita Bangun Proyek di Bali, Warganet Bereaksi: Duitnya Kagak Abis abis Bro

Menurut Budi, berdasarkan temuan sementata menunjukan adanya ketidaksesuaian dengan spesifikasi asli kendaraan.

Meski demikian, saat ini Kemenhub masih berkoordinasi dengan KNKT dan pihak kepolisian, karena penyebab pastinya masih dalam tahap investigasi.

Agar kejadian kecelakaan tak terulang kembali, Budi meminta kerja sama peran dari para pengusaha truk dan pemilik kendaraan logistik untuk mengutamakan aspek keselamatan.

"Kejadian ini tentu berkaitan dengan Over Dimension Over Loading (ODOL) maka itu rencana ke depan mobil yang bermuatan berat akan dialihkan atau dilakukan transfer muatan untuk dibawa ke pelabuhan dengan kendaraan yang lebih kecil," tuturnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x