Kasus Covid-19 Varian Omicron Melonjak, Yuk Kenali Ciri-cirinya, Salah Satunya Batuk

- 28 Januari 2022, 20:41 WIB
HATI-HATI: Sebanyak 58 Persen Kasus Omicron dj Indonesia Terdeteksi Tanpa Gejala
HATI-HATI: Sebanyak 58 Persen Kasus Omicron dj Indonesia Terdeteksi Tanpa Gejala /Reuters/Dado Ruvic

GALAMEDIA - Kasus Covid-19 varian Omicron dalam beberapa pekan terakhir terus mengalami lonjakan. Penularan Omicron jauh lebih cepat jika dibandingkan varian Delta.

Terkait dengan hal itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat mengetahui ciri-ciri varian Omicron agar bisa melakukan pencegahan.

Omicron memicu gejala ringan seperti flu biasa, batuk, dan demam dengan tingkat penularan yang cepat.

Baca Juga: Kasus Ujaran Kebencian Edy Muyadi, Bareskrim Polri Periksa 38 Saksi

''Nanti kita akan melihat dalam waktu yang singkat kenaikan jumlah kasus yang cukup tinggi,'' katanya, dikutip Galamedia dari laman kemenkes.go.id, Jumat 28 Januari 2022.

Ciri-ciri selanjutnya dari varian Omicron adalah tingkat perawatan di rumah sakit lebih rendah, begitupun tingkat keparahannya juga lebih rendah. Sehingga pasien yang masuk ke rumah sakit lebih sedikit daripada pasien yang melaksanakan isolasi mandiri (Isoman).

Budi Gunadi menjelaskan, strategi pemerintah dalam menghadapi gelombang Omicron ini sedikit berbeda dengan menghadapi gelombang Delta.

Baca Juga: 3 Anggota TNI Gugur! Panglima TNI Kejar Pelaku Penembakan, Wapres: Tetap Waspada, Tak Emosional

Gelombang Delta memiliki tingkat keparahan tinggi sehingga pemerintah harus mempersiapkan rumah sakit dengan banyak tempat tidur. Sedangkan Omicron ini yang tinggi adalah penularannya tapi keparahannya rendah.

''Sebagian besar kasus Omicron adalah OTG atau asimtomatik atau gejala sakitnya ringan. Jadi hanya gejala pilek, batuk, atau demam yang sebenarnya bisa sembuh tanpa perlu dibawa ke rumah sakit,'' ucap Menkes Budi.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x